Xinjiang Qitai 110m Radio Telescope (QTT). (Ist)

Mencari Alien, China Ciptakan Teleskop Radio Terbesar di Dunia

JAKARTA (Independensi.com) – China berencana meningkatkan kemampuannya untuk mencari alien, dark matter (suatu jenis partikel yang mirip dengan proton), gelombang gravitasi, dan misteri alam semesta lainnya dengan membangun teleskop radio terbesar di dunia.

Rencananya teleskop radio ini akan dibangun di kawasan Xinjiang, barat laut China, dan akan dinamai Xinjiang Qitai 110m Radio Telescope (QTT).

Teleskop radio ini akan dibekali kemampuan untuk merotasi piringannya dan juga 10 persen lebih lebar dibandingkan teleskop radio terbesar saat ini yang mampu berotasi, yaitu Green Bank Observatory di Amerika Serikat. Tak hanya itu saja, teleskop QTT ini juga memiliki kemampuan untuk meliputi 75 persen langit.

“Antena ini, yang terbesar di dunia, akan mampu melacak asal usul dari segala macam sinyal yang diterima,” jelas Song Huagang dari Chinese Academy of Sciences, dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari CNET.

Sebelumnya, China telah memiliki teleskop radio terbesar di dunia yang dinamai Five hundred meter Aperture Spherical Telescope (Fast) di provinsi Guizhou. Sayangnya, jangkauan liputan kedua teleskop radio ini akan saling tumpang tindih pada frekuensi 150 MHz dan 3 GHz. (berbagai sumber/CNET/kumparan)