Rafael Nadal tengah mendapat perawatan dari tim medis lapangan di ajang Australian Open 2018, Melbourne Park, Australia, Selasa (23/1). (Istimewa)

Langkah Nadal Diganjal Cedera

MELBOURNE (IndependensI.com) – Setelah mendapat bantuan medis pada set keempat, akhirnya petenis tangguh nomor satu dunia, Rafael Nadal harus terhenti pada babak perempat final Australian Open 2018 di Melbourne Park, Australia, Selasa (23/1). Dia sempat melanjutkan di set kelima dan berupaya melupakan kesakitan dari lutut kanannya. Hanya saja ketika sudah berjalan dua game di set kelima, Nadal meminta trainer untuk memberikan asistensi dan berjalan sambil menahan sakit ke pinggir lapangan.

Setelah melajukan diskusi dengan pihak medis dan tim kepelatihannya, NAdal akhirnya memutuskan tidak melanjutkan pertandingan. Unggulan enam Marin Cilic untuk kali pertama mencapai babak semifinal setelah tahun 2000 lalu. Dia mencatat kemenangan 3-6, 6-3, 6-7 (5), 6-2, 2-0 (ret) atas Nadal. “Ini pertandingan yang sangat ketat dan untuk pertama kalinya saya merasakan. Saya merasa, kesempatan itu sudah hilang untuk mencapai babak semifinal. Saya sangat kecewa gagal mewujudkan itu,” ungkap Nadal.

Selanjutnya di babak empat besar, Cilic menghadapi petenis peringkat 49 ATP Kyle Edmund yang secara mengejutkan menundukkan unggulan tiga Grigor Dimitrov 6-4, 3-6, 6-3, 6-4. Edmund pun menuai debut semifinal ajang grand slam sepanjang karier tenisnya.

Cedera memang menghantui para petenis papan atas di ajang grand slam awal tahun ini. Sebelumnya, lima kali finalis Australian Open, Andy Murray mundur menyusul cedera pinggang. Nadal pun turut bermain dengan membawa cedera lutut anan, diikuti lengan kanan dan juara 2014 Stan Wawrinka mengalami cedera lutut kiri. Jadi, tidaklah heran kalau mereka kandas dalam perjalanannya di perhelatan ini.

Dari kelompok putri, unggulan 35 Elise Mertens menuai sukses mengalahkan unggulan empat Elina Svitolina 6-4, 6-0 sekaligus memperpanjang kemenangan beruntun 10 pertandingan. Petenis asal Belgia ini mengkuti langkah Kim Clijsters yang mencapai babak semifinal pada 2012.

Kemudian unggulan dua Caroline Wozniacki harus mengeluarkan ekstra stamina untuk mencatat kemenangan 6-0, 6-7 (3), 6-2 atas Carla Suarez Navarro. Pertandingan tersebut berjalan hingga pukul setengah dua pagi waktu setempat. Wozniacki berupaya meraih debut gelar grand slam sekaligus menjadi petenis nomor satu dunia dalam enam tahun terakhir.