Mulai Senin 29 Januari Dishub Lakukan Sosialisasi Jalur Sepeda Motor di Jalan MH Thamrin

JAKARTA (IndependensI.com) – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mulai melakukan sosialisasi mengenai jalur khusus sepeda motor di ruas Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.”Mulai hari ini, Senin (29/1/2018), kami lakukan sosialisasi jalur khusus sepeda motor yang ada di Jalan MH Thamrin,” kata Wakil Kepala Dishub DKI Sigit Wijatmoko di Jakarta.

Menurut Sigit, sosialisasi tersebut dilakukan dengan tujuan memberikan edukasi kepada warga, terutama pengendara sepeda motor, agar menggunakan jalur khusus yang telah disediakan itu.

“Sosialisasi ini akan kami lakukan selama tujuh hari kedepan bersama dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Tujuannya untuk mengedukasi seluruh masyarakat,” ujar Sigit.

Sigit menuturkan marka khusus yang telah dibuat untuk para pengendara sepeda motor di ruas Jalan MH Thamrin itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Penggunaan Jalur Kendaraan.

“Jadi, kendaraan roda dua berada di lajur sebelah kiri. Kami juga sudah melakukan sosialisasi terkait penempatan marka kuning sebagai karpet jalan penanda jalur sepeda motor,” lanjut Sigit.

Dia mengungkapkan sosialisasi dan edukasi tersebut dilakukan sebelum pihaknya bersama kepolisian mulai melaksanakan upaya penegakan hukum terhadap para pelanggar lalu lintas.

“Tahapannya adalah sosialisasi dan edukasi terlebih dahulu. Setelah itu, baru kami lakukan penegakan hukum apabila ada pengendara yang melakukan pelanggaran,” pungkas Sigit.