DPR Akan Uji Kepantasan dan Kelayakan Calon Deputi Gubernur BI

JAKARTA (IndependensI.com) – Tiga orang calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) telah diajukan Presiden Joko Widodo kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk dilakukan uji kepatutan dan kelayakan. Tiga orang ini akan memperebutkan jabatan yang ditinggalkan oleh Perry Warjiyo yang memasuki masa pensiun.

“Presiden telah mengirimkan surat ke DPR dan mengirim tiga nama calon Deputi Gubernur BI untuk dilakukan fit‎ and proper test Per tanggal 15 Januari lalu,” kata Juru bicara Presiden, Johan Budi di Jakarta, Selasa (30/1/2018).

Ia menyebutkan ketiga calon yang telah diajukan ke DPR sebagai pengganti Perry Warjiyo yaitu Dody Budi Waluyo, Doddy Zulverdi, dan Wiwiek Sisto Widayat. Gubernur BI Agus Martowardojo telah merekomendasikan tiga orang ini kepada Presiden Joko Widodo. “Kalau Gubernur BI belum ada usulan, yang sudah adalah Deputi Gubernur Bank Indonesia,” ujar Johan.

Dody Waluyo saat ini menjabat Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter, Doddy Zulverdi merupakan Kepala ‎Departemen Pengelolaan Moneter BI sedangkan Wiwiek Sisto menjabat Kepala Perwakilan BI Jawa Barat. (Sigit Wibowo)