Ilustrasi balap Drifting. (Istimewa)

Kejurnas Drifting Gunakan Juri Asing

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Kejuaraan nasional drifting 2018 bertajuk “Super Drift Indonesian Drift Championship 2018”, yang rencananya berlangsung dalam tiga seri, akan menggunakan juri asing. “Memang dalam kejuaraan nasional nanti kami akan menggunakan juri asing, yakni dari Malaysia Wonder Bro Syahrial,” kata Yoki Arafat selaku Ketua Promotor Nasional PT Eka Surya Alam yang merupakan penggagas dan pemegang lisensi Kejurnas Drifting 2018, Rabu (02/05/2018).

Pemilihan Wonder Bro sebagai juri dalam kejuaraan nasional itu, kata Yoki, bukan tanpa alasan karena sang juri merupakan salah satu tokoh yang mengenalkan drifting di Indonesia sehingga diharapkan bisa menaikan gengsi perlombaan. “Kami harap Wonder Bro sebagai salah satu juri kita bisa memberikan nilai tambah tentang kualitas kejuaraan dan juga bisa memberi kontribusi lagi untuk meluaskan gaya mengendarai mobil ini dengan penjelasan-penjelasannya,” kata dia.

Kendati satu di antara tiga juri kejuaraan tersebut memakai juri asing, Yoki menegaskan juri lokal memiliki mutu yang tidak kalah dari sang juri asing. “Tadinya mau lokal semua namun pertimbangannya karena Wonder Bro itu sudah dikenal di Indonesia, tapi jika kualitas kita memiliki juri yang bisa dibilang sebanding,” ucapnya.

Kejurnas Drifting 2018 ini dipastikan memperlombakan sebanyak lima kelas, yang terdiri dari tiga kelas utama (Pro, Rookie, Driftstar) dan dua kelas pendukung yang akan mempertandingkan mobil-mobil berjenis retro I pick up dan front wheel drive (FWD). Kejurnas Drifting 2018 yang akan digelar dalam tiga seri ini akan mengambil tempat di Skadron 21, Pondok Cabe, Tangerang Selatan pada 5-6 Mei 2018 mendatang sebagai seri pertamanya.

Usai menggelar seri pertama pada 5 dan 6 Mei, putaran kedua dan ketiga Kejurnas Drifting 2018 rencananya akan dilaksanakan pada bulan Agustus dan Desember. Untuk seri kedua akan dihelat di Yogyakarta, sementara seri ketiga belum diketahui lokasinya. Kejurnas Drifring 2018 ini menawarkan hadiah utama berupa sepeda motor dan uang tunai senilai jutaan rupiah bagi para drifter yang berhasil keluar sebagai juara di akhir musim kompetisi.