Petani Padi Labuan Batu Panen Raya

JAKARTA (IndepnednsI.com) – Dari Kelurahan Ujung Bandar, Kec. Rantau Selatan, Kab. Labuhan Batu, hari ini tgl. 02 Pebruari 2018 dilakukan Panen Raya Yang dilaksanakan oleh Kodim 0209/Labuhan Batu dan Dinas Pertanian Labuhan Batu. Panen padi 1 hektar diluas hamparan 12 hektar2

Perasaan sangat puas dirasakan oleh petani Pak Torang Panjaitan, hasil panen padinya seluas 1 hektar kali ini meningkat luar biasa, dengan menggunakan varietas Inpari 32, sistem tanam jajar legowo 2:1, dgn penggunaan komponen dan pemupukan rekomendasi Jarwo Super, petani binaan PPL Ahmad Ridwan Lubis dan Babinsa pak J. Kudadiri ini, padinya menghasilkan produktivitas 8.4 ton /ha-nya.

“Saya puas sekali dengan adanya binaan Jarwo super ini, hasil panen saya meningkat, tidak biasanya saya mendapatkan 28 kaleng (336 kg) per rantenya (400 m2)” ujar pak Torang Panjaitan anggota Gapoktan Damai ini.

PPL WKPP Kel.Lobusona  Ahmad Ridwan Lubis dan PPL WKPP Kelurahan Ujung Bandar Kec. Rantau Selatan Mellany Mahardika menuturkan: ” jika 28 kaleng (336 kg) per rantenya (400 m2) didapatkan hasil maka padi pak Torang panjaitan ini mendapatkan hasil 8,4 ton/ha-nya, ini hasil yang luar biasa, karena rata2 hasil padi disini setiap musimnya hanya menghasilkan 5 – 6 ton perhektar”.

“Dan kamu bangga berkat bantuan dan binaan dari BPTP Sumut dlm kegiatan jarwo super ini memberi hasil yang memuaskan” ujarnya lagi.

Kepala Dinas Pertanian Labuhan Batu dan Dandim 0209 Labuhan Batu dalam arahannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Petani yang mau mengikuti program pemerintah terutama  swasembada pangan UPSUS Pajale di Labuhan Batu. Sinergi kegiatan antara PPL dan Babinsa dilapangan dalam pendampingan UPSUS Pajale adalah wujud koordinasi yang baik dalam mewujudkan kedaulatan, ketahanan dan swasembada pangan di Kab. Labuhan Batu.

Acara panen raya ini dihadiri oleh Dandim 0209/LB, Kadis Pertanian kab.labuhanbatu, Camat Kecamatan Rantau Selatan, Lurah Kelurahan Ujung Bandar, Koordinator PPL,  Penyuluh dan anggota kelompok tani.