Pertemuan pertama membahas OJAO IV yang dihadiri oleh pengurus Olympic Golf Club dan Pengprov PGI Jawa Barat. (Dokumentasi)

OJAO Datang Lagi

JAKARTA (IndependensI.com) – Olympic Jabar Amateur Open (OJAO), sebuah turnamen golf yang ditunggu-tunggu oleh para pegolf amatir di Tanah Air, akan bergulir kembali. Dan, OJAO IV 2018 akan berlangsung pada 7-9 Mei 2018.

Tahun ini event yang terselenggara berkat kerjasama Olympic Golf Club dan Pengprov PGI Jawa Barat, tidak menggunakan Emeralda Golf Club sebagai venues seperti pada OJAO I sampai III, tapi akan dilaksanakan di Gunung Geulis Golf and Country Club.

Perpindahan venues tersebut didasari oleh pertimbangan agar OJAO IV lebih challenging.

Menurut sumber yang sangat dipercaya, sebetulnya ada dua golf course yang menjadi pilihan. Kedua golf course tersebut masing-masing ada di lingkungan Pengprov PGI DKI Jakarta dan Pengprov PGI Jawa Barat.

Tapi, panitia penyelenggara OJAO IV 2018 menjatuhkan pilihannya pada Gunung Geulis Golf & Country Club. Pasalnya, selain golf course tersebut berada di lingkungan Pengprov PGI Jawa Barat, management Gunung Geulis Golf & Country Club juga sangat mendukung pembinaan yang dilakukan oleh penyelenggara event OJAO IV 2018.

Seperti diketahui, OJAO, sejak digulirkan tiga tahun lalu memang lebih menitikberatkan kepada pembinaan dan tidak semata-mata mencari keuntungan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, OJAO IV 2018 selain diikuti oleh pegolf amatir terbaik di Tanah Air, juga akan diikuti oleh pegolf amatir dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara – ASEAN.

Freddy Gondo Wibowo dan Au Bintoro diabadikan bersama Kevin dan Rivani juara OJAO II 2016

Turnamen tersebut menggunakan format stroke play. Dua hari pertama seluruh pemain akan bersaing untuk bisa lolos pada ronde ketiga (final). Pada partai final juga akan digelar event charity yang akan diikuti oleh pemain undangan (non-prestasi/pegolf reguler) dan sponsor.

Diperkirakan OJAO IV 2018 akan diikuti tak kurang dari 124 pegolf putra dan putri baik dari dalam maupun luar negeri (ASEAN).

Sebagai event pembinaan yang berbasis pada peningkatan prestasi di tingkat provinsi, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, “kedatangan” OJAO memang selalu ditunggu-tunggu.

Paling tidak, independensi.com mendapat kabar dari Rumadi – seorang pembina olahraga golf di Papua dan Mimika – bahwa pihaknya sangat bersyukur karena OJAO akan digelar kembali.

“Pada Februari ini kami akan melakukan verifikasi bagi atlet golf kami yang akan tampil di PON XX di mana Papua menjadi tuan rumah.”

“Dari verifikasi tersebut akan lolos 5 pegolf yang pada 2020 akan tampil di PON. Tapi, untuk mengikuti OJAO Mei mendatang, kami akan mekakukan seleksi internal.”

Selain akan mengirimkan pegolf senior, Rumadi juga akan mengirimkan dua pegolf junior – putra dan putri – dari Mimika untuk mengikuti OJAO IV 2018 yang akan berlangsung di Gunung Geulis Golf & Country Club pada 7-9 Mei 2018.

Rumadi saat menjadi wasit golf PON Jabar 2016

“Sebagai pembina, kami memang sangat peduli terhadap para pegolf di tanah Papua, agar prestasi mereka tidak tertinggal dari rekan-rekan mereka dari daerah lain di Indonesia,” tegas Rumadi – asli Sulawesi Tenggara – yang telah menetap di tanah Papua sejak 15 tahun lalu kepada IndependensI.com.

Dibandingkan dengan tiga tahun lalu, OJAO IV 2018 tidak menyertakan tag line sama sekali.

“Apa perlu menggunakan tag line?!” sergah Ketua Bidang Pertandingan Pengprov PGI Jawa Barat, Dian Mariyun, sambil tersenyum penuh arti. (Toto Prawoto)