Pers Harus Memberikan Semangat Kebangsaan

SEMARANG (IndependensI.com) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap pers di Indonesia memberikan semangat kebangsaan kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Selamat Hari Pers Nasional 2018, kita harapkan pers Indonesia akan mengubah paradigma berpikir masyarakat dengan berita yang selalu positif, berita yang selalu progresif, dan memberikan semangat kebangsaan,” kata Ganjar di Semarang, Jumat (9/2/2018).

Pada peringatan Hari Pers Nasional 2018, Gubernur Ganjar juga mengharapkan pers semakin dewasa, bertambah kritis, dan selalu mengabarkan berita-berita penuh semangat, yang positif serta berimbang (cover both side).

“Itu adalah pers yang mendidik, pers yang diharapkan ketika orang membaca maka (akan menjadi) cerdas,” ujar Ganjar sebagaimana dikutip Antara.

Kendati demikian, kata Ganjar, saat ini masyarakat sedang dihadapkan pada ide-ide baru dalam dunia pers, khususnya pers yang dikatakan “swasta”, dimana masyarakat boleh menuliskan sendiri, dengan reportase sendiri, dan menyampaikannya dalam media sosial.

“Maka kita mesti mendidik bersama, di media sosialpun pers bisa terlibat untuk mengedukasi, maka para jurnalis yang sudah matang, kita perlu dididik, kita perlu diajari sehingga pers kita akan makin lebih baik,” katanya.

Seperti diwartakan, peringatan Hari Pers Nasional 2018 akan dipusatkan di Kota Padang, Sumatera Barat. Rencananya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan menghadiri perayaan Hari Pers Nasional 2018.