Direktur Umum PDAM Tirta Asasta Depok, Ee Sulaeman

Depok Kurangi Sumber Air Bersih Dari PDAM Tirta Kahuripan

DEPOK (Independensi.com) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Depok, saat ini sudah mengurangi sumber air bersih kepada konsumen dari PDAM Tirta Kahuripan Bogor. Saat ini tinggal sekitar 10 persen disumplai dari Bogor dan diharapkan akhir Pebruari 2018, perjanjian suplai air bersih akan dihentikan.

Penghentian sumber air bersih dari PDAM Tirta Kahuripan, disebabkan instalasi pengolahan air (IPA) Legong, Kecamatan Sukmajaya dan IPA Citayam, telah mencukupi untuk memenuhi permintaan konsumen di seluruh wilayah Kota Depok.

Direktur Umum PDAM Tirta Asasta Depok, Ee Sulaeman kepada Independensi.com, Rabu (14/2/2018), jumlah pelanggan air bersih dari PDAM Tirta Asasta saat ini sudah mencapai 57.234 sambungan atau sekitar 16,07 persen dari jumlah penduduk Kota Depok.

“Saat ini, pemohon baru baik lingkungan perumahan, apartemen dan RSUD Depok sudah mengusulkan pemasangan sambungan baru. Untuk memenuhi permintaan itu, kami sudah mengganti pipa lama dan membangun jaringan baru,” ujar Sulaeman yang didampingi Manajer Pemasaran Imas Dyah Pitaloka.

Diharapkan, tambahnya, target 2018 ini, jumlah pelanggan baru akan bertambah sekitar 10.008 sambungan. “Untuk mencapai target tersebut, kami juga sudah menambah karyawan di lapangan maupun bagian pemasaran,” jelas Sulaeman.

Dikatakan, pihaknya saat ini sedang membangun pemasangan jaringan pipa di RSUD Depok. Hal ini guna mendukung operasional ketersediaan air bersih gedung B-D RSUD Depok, yang rencananya April nanti akan grand opening. “Kami sudah melakukan koordinasi dengan RSUD, membahas teknis pelayanan sambungan air bersih,” tambahnya.

Menurut Sulaeman, saat ini pihaknya dalam tahap penyusunan rencana teknis dan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Nantinya, RAB tersebut akan segera disampaikan kepada pihak RSUD Kota Depok. Jika dalam proses ini RSUD setuju, PDAM siap melaksanakan rencana pemasangan yaitu dari Jalan Raya Muchtar menuju ke bak penampung atau reservoir di RSUD.

PDAM Tirta Asasta Depok akan menyiapkan pemasangan pipa 4 inchi dengan kapasitas 5 liter/detik atau 432 M3 per hari. Kapasitas tersebut sama dengan 12.960 M3/bulan, dan bahan baku air akan di ambil dari IPA Citayam yang berkapasitas 360 liter/detik.

Pihaknya memastikan layanan air bersih akan mencukupi kebutuhan RSUD Depok. PDAM Tirta Asasta siap mendukung kebutuhan air bersih untuk RSUD Kota Depok. (Robino Hutapea)