Pemilik SexySushi, Monna Lam, memotret anjing milik salah satu pelanggannya dalam rangka promosi Tahun Baru Imlek 2569.

Sambut Tahun Baru Imlek, Anjing Dimanjakan

JAKARTA (IndependensI.com) – Tahun Baru Imlek 2569 diperingati warga Tionghoa dan Asia Timur pada hari ini, Jumat (16/2/2018). Berdasarkan perhitungan shio, tahun ini adalah tahun anjing tanah.

Warga Hong Kong menyambutnya dengan memanjakan anjing kesayangannya. Margaret Lam rela keluar uang banyak untuk memberi perlakuan istimewa buat anjing poodle-nya yaitu Cream.

Biasanya, Cream hanya menjalani perawatan rutin seperti menyisir bulu dan memotong kuku. Kali ini, dia menerima terapi oksigen lavender dan mandi susu.

“Saya memperlakukan dia seperti putri saya sendiri,” kata Lam seperti dikutip kantor berita AFP, Jumat.

“Saya ingin dia terlihat cantik,” ujar perempuan berusia 45 tahun itu sambil mengambil jaket bulu berharga HK$600 (sekitar Rp1 juta) dari rak baju di spa anjing SexySushi.

Minimnya taman dan ruang terbuka ramah anjing, warga Hong Kong biasanya mengajak jalan-jalan binatang peliharaannya dengan kereta dorong atau membawanya di dalam tas tangan.

Anjing ras kecil seperti bichon, poodle, yorkie, dan chihuahua adalah hewan peliharaaan populer di kota yang sesak ini.

SexySushi, yang terletak di distrik keren Sai Ying Pun, mempromosikan diri sebagai “salon perawatan hewan peliharaan papan atas” dan menyebut pemilik anjing sebagai “orang tua”.

Di tempat ini, mereka menawarkan perawatan mandi susu dan spa herbal untuk hewan. Perawatan itu dipercaya bisa memperindah bulu dan mengatasi masalah kulit. Mereka juga menawarkan terapi oksigen yang diyakini bisa membuat hewan lebih tenang.

Ada juga layanan pembersihan telinga dan manikur, serta perawatan lain yang ongkosnya mencapai lebih dari HK$1.000.

Para pemilik anjing juga bisa membeli aksesoris dan pakaian, termasuk jaket bertudung, dasi kupu-kupu, dan celana untuk hewan kesayangannya.

Dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek, semua anjing yang menjalani perawatan spa di tempat itu dapat bonus foto gratis dengan ornamen merah dan emas.

Pendiri SexySushi, Monna Lam, mengatakan perawatan seperti ini bukanlah hal yang berlebihan.

“Binatang peliharaan juga patut mendapatkan perlakuan yang lebih baik,” kata Lam, saat anjing pomeranian miliknya yang bernama Cupcake sedang menerima perawatan mewah.

“Anjing-anjing amat senang berada di sini. Kadang ada yang sampai tertidur saat menerima perawatan,” ujar pemilik 12 ekor anjing itu.

Perempuan berusia 30 tahun itu memulai bisnis ini sejak tiga tahun lalu. Dia mengaku sebagian besar pelanggannya membawa anjing-anjingnya dua pekan sekali untuk potong rambut dan potong kuku. Perawatan total biasanya dilakukan beberapa bulan sekali.

Salah satu pelanggannya, Owen Evans, membawa Yorkshire terrier bernama Jackson untuk pertama kalinya ke SexySushi dan mengatakan akan kembali lagi.

“Kami ingin Jackson punya potongan bulu yang bagus dan dapat perawatan yang baik,” ujar pengembang web berusia 39 tahun yang baru setahun menetap di Hong Kong itu.