Ilustrasi. (Dok/Ist)

FORKI Agendakan Ujicoba di Eropa

JAKARTA (IndependensI.com) – Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) mengagendakan dua kejuaraan uji coba Asian Games 2018 di Eropa pada Juni. “Kami sedang mempertimbangkan Prancis dan Italia sebagai lokasi uji coba karena dua negara itu kuat dalam karate. Kami tidak ingin uji coba di Asia karena banyak negara-negara yang akan ikut untuk Asian Games,” kata Sekretaris Jenderal Forki Lumban Sianipar, Rabu (21/2).

PB Forki, menurut Lumban, juga masih mempertimbangkan untuk menggelar pemusatan pelatihan atlet-atlet nasional di Eropa pada Juni setelah mengikuti uji coba Asian Games. “Kami mempunyai 29 atlet nasional yang berlatih di Ciloto, Cianjur, Jawa Barat dengan tujuh pelatih. Kami juga sedang mengusulkan keterlibatan pelatih asing di Ciloto,” ujarnya.

PB Forki akan menyeleksi 29 atlet pelatnas hingga menghasilkan delapan atlet utama yang akan mengikuti kejuaraan uji coba dan pelatihan luar negeri jelang Asian Games 2018. “Kami akan menyeleksi dua kali untuk menjadi delapan atlet. Rencana seleksi pada minggu pertama Maret serta pertengahan Mei sebelum Kejuaraan Federasi Karate-Do Asia,” tutur Lumban. Seleksi atlet-atlet utama Asian Games itu, lanjut Lumban, akan berlangsung di lokasi pelatnas Forki di Ciloto.

Lebih jauh Lumban mengatakan, pengurus induk cabang olahraga karate itu mendapatkan anggaran Rp11 miliar dari Kemenpora. Tapi, anggaran yang telah cair sebesar 70 persen. PB Forki membidik satu medali emas dari 18 nomor pertandingan dalam Asian Games 2018.