Logo HUT ke 21 Kota Bekasi.(ist)

Logo HUT ke 21 Kota Bekasi Ditetapkan

BEKASI (IndependensI.com)-  Tanggal 10 Maret 2018, Kota Bekasi merayakan Hari Ulang
Tahun (HUT) ke 21. Jumat (23/2/2018) pemerintah daerah setempat,  resmi melaunching logo hari jadi.

Sebelum ditetapkan, sebelumnya  panitia menyelenggarakan  sayembara dengan melibatkan 246 desainer dari sejumlah daerah di Indonesia.

Dari total 341 desain logo yang berasal dari 246 desainer, pamitka mengerucutkan menjadi lima nominator pemenang. Dan hari ini pemenangnya atas nama Agus Hendrawan warga Kota Bekasi diumumkan.

“Agus  berprofesi sebagai dosen sekaligus desainer,” kata Ketua Dewan Juri sayembara Logo HUT Kota Bekasi, Harun Al Rasyid.

Diungkapkan, desain pemenang sayembara dianggap telah memenuhi kriteria yang syaratkan tiga orang tim juri dari unsur akademisi dan pakar fotografi.

Persyaratan tersebut di antaranya orginal, logo belum pernah dilombakan dan digunakan pihak lain, kesesuaian tema Bekasi Maju,
Sehat dan Ikhsan, bisa diaplikasikan dalam berbagai media, mewakili masyarakat Kota Bekasi sebagai kota berkembang dan heterogen.

Desain logo yang dibuat Agus Hendrawan merepresentasikan heterogenitas warga Kota Bekasi yang divisualisasikan dengan beragam
warna pada ornamen angka 2 dan 1.

Lekukan garis yang membentuk angka tersebut terinspirasi dari bentuk pita konverti yang memvisualisasikan kemeriahan dan semangat hidup dalam keberagaman masyarakat.

Desainer tersebut juga sengaja menyambung ornamen angka sebagai bentuk pesan dari integritas dari aparatur pemerintah setempat dalam pelayanan publik. Di bagian latar logo muncul gambar bambu runcing yang merepresentasikan kawasan Bekasi sebagai basis perjuangan kemerdekaan
RI.

Gambar gerbang yang berdiri kokoh mengapit bambu runcing diproyeksikannya sebagai bentuk pembangunan daerah yang kini sedang berjalan masif di segala bidang.

Dikatakan Harun, desain pemenang sayembara berhasil unggul dari kompetitornya yang berasal dari sejumlah daerah di Indonesia seperti Kalimantan, Sulawesi, Banten, dan daerah lainnya.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfosandi) Kota Bekasi Titi Masrifahati menambahkan, karya yang
dibuat pemenang sayembara diberikan  hadiah  Rp 12,5 juta sebagai apresiasi Pemkot Bekasi atas kreatifitasnya. (adv/humas/jon).