Pemasangan Alat Peraga Kampanye KPU Riau Bermasalah

PEKANBARU (IndependensI.com) – Komisi Pemilihan Umum Riau mulai memasang alat peraga kampanye (APK). Namun pemasangan perdana itu, langsung mendapat protes. Karena saat memasang tadi malam di lokasi purna MTQ kota Pekanbaru, hujan lebat datang, membuat pekerja lari pontang – panting. Akibatnya, Tengku Zulmizan Assegaf Ketua Koalisi Riau Bersatu mengaku heran, kok bisa nomor urut 1 tidak terpasang ?

Sebagaimana diketahui, alat peraga kampanye (APK) yang terpasang, baru baliho pasangan Cagub-Cawagubri nomor urut 2 (Lukman Edi – Herdianto), baliho pasangan calon nomor urut 3 ( Firdaus – Rusli Efendi),dan baliho pasangan nomor urut 4 (Arsyadjuliandi Rachman – Soeyatno). Sedangkan baliho pasangan nomor urut 1 yaitu Syamsuar – Edy Nasution belum terpasang.

“Saya heran, mengapa baliho pasangan nomor urut 1 belum terpasang, apa sebabnya ? Seyogianya, kalaupun ada kendala dilapangan seperti cuaca, yang dipasang lebih dulu itu’kan, baliho pasangan sesuai nomor urut. Sehingga, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau seharusnya pertama memasang baliho nomor urut 1, bukan sebaliknya”, kata Tengku Zulmizan Assegaf pada sejumlah wartawan termasuk IndependensI.com Rabu (7/3/2018) siang, di Pekanbaru.

Kita sudah meminta penjelasan dari KPU Riau, apa sebabnya pemasangan baliho nomor urut 1 itu tidak terpasang. Karena pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Riau ada 4 pasang, namun yang dipasang baru tiga baliho. Tentu kita komplain kepada KPU, dan saat kita tanya, alasan karena hujan. “Itu entah buaya – entah katak, entah iyo – entah tidak”, ujar pria berkaca mata ini dengan nada kesal.

Ditempat terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum Pekanbaru Amiruddin Sijaya mengatakan, terkendalanya pemasanngan alat peraga kampanye pasangan calon nomor urut 1 yaitu Syamsuar – Edy Nasution adalah akibat cuaca ekstrim. Tadi malam wilayah Pekanbaru sekitarnya diguyur hujan lebat, dan itulah sebabnya pemasangan APK  perdana itu kurang lengkap.

“Tidak ada maksud lain-lain, pagi ini semua akan terpasang”, ujar Amir. Lebih lanjut kata Ketua KPU Pekanbaru itu lagi, semua alat peraga untuk pelaksanaan Pilkada Riau, akan dipasang ditempat – tempat yang sudah di tentukan di Provinsi Riau. Sebab KPU Riau sudah menyiapkan umbul-umbul, spanduk, baliho untuk ke-4 pasangan calon.

Menanggapi rasa kecewa pendukung pasangan calon nomor urut 1 karena alat peraga kampanye untuk Cagub/Cawagubri Syamsuar – Edy Nasution belum terpasang, Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan mengatakan, agar masyarakat atau konstituen maklum kalau terjadi beberapa kekurangan apalagi disebabkan cuaca ekstrim. Namun  hal ini harus dijadikan  catatan bagi pihak yang memasang, karena bisa memicu polemik nantinya.

Jika kesalahan seperti ini terus terjadi, maka bisa merugikan calon. Untuk itu kita minta kedepannya agar pemasangan APK ini diperhatikan hingga hal-hal terkecil. Rusidi sendiri mengatakan bahwa ini bukan termasuk pelanggaran karena tidak disengaja dan baru pemasangan pertama. “Tetapi ke depan harus ada perbaikan, sehingga pemasangan APK tetap bersifat adil, rapi dan indah”, ujarnya. (Maurit Simanungkalit)