Surya Paloh : Ada Partai Politik yang Nakal

CIREBON (Independensi.com) – Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh mengatakan partai yang dipimpinnya tetap berkomitmen untuk menjadi partai yang mengedepankan profesionalitas dan moralitas. Sehingga tingkat kepercayaan rakyat terhadap partai politik bisa terpulihkan.

Hal tersebut diungkapkan Surya Paloh, saat Konsolidasi Struktur Partai NasDem Komisi Saksi NasDem dan Bacaleg partai NasDem Jawa Barat VIII di salah satu hotel di Cirebon. “Partai politik diberikan hak oleh negara, oleh UU untuk ikut membangun negara,” tegas Surya Paloh di Cirebon, Rabu (7/3/2018).

Hanya saja, saat ini ada saja partai politik yang nakal. Sehingga tingkat kepercayaan rakyat kepada partai politik pun rendah. Namun Surya Paloh tidak merinci mengenai partai politik yang nakal tersebut, termasuk identitas, kriteria atau kelakuan partai politik yang nakal dimaksud.

Menyikapinya, Surya menyatakan jika Partai NasDem selalu berkomitmen untuk mengedepankan profesionalitas dan moralitas, membangun bangsa dengan nurani yang sehat. Keberadaan Partai NasDem merupakan koreksi total terhadap keberadaan partai lainnya yang tidak mampu meraih kepercayaan dari rakyat. “Jika rakyat tidak percaya, demokrasi kita bisa terancam,” tegas Surya.

Karena itu Partai NasDem mengharamkan mahar politik. “Tidak ada politik mahar. Kita butuh calon-calon politikus yang baik untuk mengisi posisi-posisi strategis di negara kita,” ungkap Surya. Mereka tidak boleh dikotori dan dijerat dengan politik transaksional. “Sakit kepala kita,” ungkap Surya.

Dengan komitmen tersebut, Partai NasDem mampu mendapatkan simpati dari masyarakat. Ini terbukti dengan 36 kursi di DPR RI dari Partai NasDem, 3 menteri di kabinet, 3 duta besar, 1 watimpres serta 171 kepala daerah yang diusung di pilkada berhasil meraih kemenangan.

Sedangkan untuk Pemilu 2019 mendatang Partai NasDem menargetkan 18 juta hingga 20 juta suara nasional. “Separuhnya disumbang dari Pulau Jawa,” ungkap Surya.

Dengan perolehan sebanyak 100 kursi di DPR RI, tidak boleh kurang. “Seluruh daerah pemilihan (dapil) di Jabar juga harus ada perwakilannya, tidak boleh ada yang kosong,” tegas Surya.

Khusus untuk calon presiden, Surya menyatakan jika Partai NasDem dengan penuh ketetapan hati tetap mendukung dan memberikan amanah kepada Presiden Joko Widodo untuk memimpin Indonesia pada periode selanjutnya. “Saat ini kita berjuang agar rakyat memberikan amanah kembali kepada Joko Widodo,” tegas Surya. (Putra Fernando)