Ilustrasi. (Dok/Ist)

Abdul Gani Tembus 10 Besar

JAKARTA (IndependensI.com) – Pembalap sepeda Indonesia, Abdul Gani membuat kejutan dengan mampu masuk sepuluh besar etape pertama Le Tour de Langkawi 2018 dari Kangar menuju Kulim, Malaysia, dengan jarak tempuh 147,9 dengan catatan waktu 03:29:04, Minggu (18/03/2018).

Manajer tim KFC Cyling Team, Parno seperti dikutip dari Antara mengatakan, hasil yang diraih oleh Abdul Gani ini cukup bagus mengingat persaingan kejuaraan dengan kategori 2 HC ini sangat ketat karena banyak pembalap kelas dunia yang turun. “Alhamdulillah bisa nyodok ke sepuluh besar. Hasil yang cukup bagus diawal Le Tour de Langkawi ini. Semoga, kami bisa meraih hasil lebih baik lagi di etape-etape berikutnya,” katanya.

Mantan pembalap nasional ini menjelaskan, hasil lebih bagus kemungkinan bisa terjadi jika pembalapnya lolos dari kecelakaan yang terjadi satu kilo meter menjelang finis. Dua pembalap lain yaitu Abdul Gani dan Imam Arifin terlibat pada kecelakaan tersebut. Meski demikian, kata dia, Abdul Gani tetap mampu melanjutkan perlombaan dan sempat adu sprint dengan pembalap yang sudah mempunyai jam terbang tinggi pada balapan internasional.

Pada etape pertama Le Tour de Langkawi 2018, pembalap asal Italia yang sudah familiar dengan balapan di Malaysia, Andrea Guardini menjadi yang tercepat. Pembalap yang memperkuat tim Bardiani masuk finis dengan membukukan catatan waktu 03:29:04. Posisi kedua ditempati pembalap KSPO Bianchi Asia Procycling Korea Selatan, Yong Seo Joon dan posisi tiga ditempati pembalap dari tim Dimension Data, Mekseb Debesay dengan catatan waktu yang sama dengan pemenang.

Melihat persiapan di etape pertama, bisa dipastikan etape dua dari Gerik menuju Kota Bharu, Senin (19/3) dengan jarak tempuh 208,3 km bakal berlangsung dengan ketat. Peserta tuan rumah baik dari tim Terengganu Cycling Team maupun Team Sapura Cycling yang diperkuat pembalap Indonesia, Aiman Cahyadi. Ajang balap sepeda Le Tour de Langkawi 2018 menempuh jarak lebih dari 1.200 km yang terbagi dalam delapan etape. Balapan ini merupakan yang bergengsi di Asia Tenggara dan diikuti oleh 22 tim yang diantaranya adalah tim pro tour.