Ilustrasi bcabang olahraga asket putri. (Dok/Ist)

Sahabat Semarang Beri Kejutan

JAKARTA (IndependensI.com) – Tim basket putri Sahabat Semarang berhasil membuat kejutan setelah lolos ke semifinal seri ketiga Kompetisi Bola Basket Putri Nasional Srikandi Cup 2017-2018 yang digelar di GOR Lokasari, Jakarta, Rabu (21/03/2018). Kepastian itu didapatkan setelah anak-anak asuh Xaverius Wiwid menaklukkan tim tuan rumah Merah Putih Samator Jakarta dengan skor 51-46 pada pertandingan Pul A.

Jejak empat besar menjadi kejutan karena di dua seri sebelumnya yaitu di seri pertama, Makassar dan seri kedua, Surabaya, Sahabat Semarang hanya menempati peringkat masing-masing ketujuh serta kelima. “Kemenangan ini pantas diraih karena anak-anak mau bekerja keras di lapangan. Nantinya di semifinal, mungkin tim saya yang usia pemainnya termuda,” ujar pelatih Sahabat Semarang, Xaverius Wiwid seperti dikutip dari Antara.

Tidak mudah memang bagi Sahabat Semarang menaklukkan Merah Putih (MP) Samator. Memperebutkan satu tiket tersisa dari Pul A, MP Samator bahkan unggul 37-35 di akhir kuarter ketiga. Namun di kuarter keempat, MP Samator harus mengubur impiannya duduk di posisi empat besar seperti di seri pertama dan kedua setelah small forward Sahabat Semarang, Dyah Lestari yang membuat tembakan tiga angka sempurna satu menit jelang laga usai dan menjadikan kedudukan 48-46.Tiga angka tambahan setelahnya kemudian mengunci kemenangan Sahabat menjadi 51-46. Dyah pun menjadi pemain terbaik di timnya pada laga tersebut dengan membuat 18 poin dan 11 rebound.

“Tadi saya diinstruksikan untuk bermain keluar dan agar bisa dapat bola ‘pick and roll’. Akan tetapi justru saya dapat peluang menembak dengan leluasa. Saya senang dengan kemenangan ini karena kami bisa mencapai target lolos ke semifinal,” kata Dyah. Dengan demikian, di semifinal yang digelar Jumat (23/3) di GOR Lokasari, Jakarta, Sahabat Semarang akan berhadapan dengan juara Pul B Merpati Bali yang pada Rabu (21/3) mengalahkan Tenaga Baru Pontianak dengan skor 61-37.

Tim basket Tenaga Baru sendiri sebelumnya sudah menempatkan kaki di empat besar dan nantinya berhadapan dengan juara Pul A sekaligus juara bertahan Srikandi Cup, Surabaya Fever, juga pada Jumat (23/3).