Para perwakilan tim dan administrator Srikandi Cup berfoto bersama. (Istimewa)

Srikandi Cup Siap Digelar

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Sedikitnya tujuh tim basket putri memastikan siap berlaga di ajang Srikandi Cup musim 2018-2019. Adapun ketujuh tim tersebut adalah Tanago Jakarta, Scorpio Jakarta, GMC Cirebon, Sahabat Semarang, Merpati Bali, Flying Wheel Makassar, Tenaga Baru Pontianak. Sedangkan dua tim yang musim lalu ikut berpartisipasi yakni juara bertahan Surabaya Fever dan Merah Putih Samator Jakarta, memutuskan untuk absen di musim ini.

Deddy Setiawan selaku koordinator Srikandi Cup menjelaskan, musim ini Scorpio Jakarta menjadi tim teranyar dan pada musim ini Srikandi Cup berencana menyiarkan seluruh pertandingan secara live streaming dan bekerja sama dengan LIGA live graphic system (grafis live streaming) selama tiga tahun kedepan. “Musim ini juara bertahan Surabaya Fever dan Merah Putih Jakarta absen di Srikandi Cup. Kami berharap musim depan mereka dapat kembali bergabung untuk bersama-sama membangkitkan kompetisi basket putri Indonesia. Dari segi persaingan sudah pasti persaingan ketujuh tim akan saling bersaing ketat dan terjadi perubahan komposisi pemain di setiap tim,” kata Deddy melalui rilisnya, Rabu (14/11/2018). .

Lebih jauh Deddy mengatakan, dalam upaya meningkatkan kualitas kompetisi, pihaknya menyiapkan live streaming bekerjasama dengan LIGR, penyedia grafis live streaming dari Australia. “Kami berharap dengan adanya tayangan live streaming yang diperkuat dengan data grafis yang bagus, kedepannya Srikandi Cup akan dilirik oleh para sponsor, sebab kami menyadari industri olahraga di Indonesia belum sepenuhnya profesional, yang menyebabkan para sponsor juga masih kurang berminat untuk membiayai atau ikut terlibat didalamnya,” ujar Deddy.

Sebagai pendatang baru, Scorpio Jakarta, yang kerap melahirkan para pebasket putra putri yang berkualitas baik di ajang kompetisi tingkat amatir dan nasional, menyambut baik sekaligus siap berlaga di Srikandi Cup musim ini. Budi Wardoyo pelatih kepala sekaligus pemilik klub optimis timnya dapat bersaing meski berstatus sebagai pendatang baru. “Kembalinya beberapa pilar kami seperti Pricilla Annabel Karen dan Delaya Maria (musim lalu memperkuat Tenaga Baru Pontianak) juga Chika yang sebelumnya bermain dengan Sahabat Semarang, saya harap bisa membantu para pemain hasil binaan Scorpio lainnya di ajang Srikandi tahun ini dan seterusnya,” katanya.

Berbicara target, pihaknya sudah siap berkompetisi untuk semaksimal mungkin meraih yang terbaik meski menjadi pendatang baru. “Basket itu bicara permainan tim secara kolektif antara pemain dan official yang harus bisa bekerjasama untuk menyatukan semangat visi dan misi tim khususnya dalam menghadapi Srikandi Cup,” imbuh Budi.

Srikandi Cup secara resmi akan dimulai pada akhir bulan ini. Seri pertama akan berlangsung di Bali, GOR Merpati, Denpasar, pada tanggal 26 November s/d Desember 2018, seri kedua Jakarta 11-16 Februari 2019 (GOR Cempaka Putih atau GOR Rawamangun), seri ketiga Semarang 1-6 April 2019 di GOR Sahabat Semarang. Sedangkan babak Playoff dan Grand Final akan digelar di kota Pontianak pada akhir April 2019.