PKB Siap Usung Kembali Jokowi Sebagai Capres

JAKARTA (IndependensI.com) – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) siap kembali usung Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden 2019. Rencananya PKB akan melakukan musyawarah pimpinan nasional (muspimnas) pada Juni untuk membahas calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung.

“Pada muspimmas akan diputuskan sosok yang akan diusung sebagai capres dan cawapres. Itu menjadi momentum yang tepat, “ kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa Daniel Johan, Rabu (04/04/2018). PKB tentu akan memunculkan kader-kadernya untuk menjadi calon wakil presiden.

Deniel menyatakan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar memang menjalin komunikasi dengan Partai Gerindra, PAN, dan Partai Demokrat terkait pencalonan presiden dan wakil presiden. Saat ini PKB cenderung akan merapat ke koalisi Presiden Joko Widodo yang telah didukung partai-partai lainnya.

Ia menambahkan, sebagai bagian dari koalisi di pemerintahan, PKB tentu akan mengutamakan merapat ke Jokowi dibandingkan kubu lain dalam membangun koalisi pada Pilpres 2019. “Ya, kalau intensif tetap dengan koalisi meskipun dengan partai lain tetap kami komunikasi. Jadi, ya, tentukemungkinan ke Pak Jokowi,” kata Daniel.

Daniel menyatakan kemungkinan terbentuknya poros ketiga di luar Jokowi dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 sangat kecil. Bahkan, Partai Demokrat sebagai motor utama tak serius dalam membentuk poros ketiga. “Tampaknya poros ketiga, belum bisa kondisinya sangat cair. Demokrat juga kayaknya enggak serius, kok,” kata Daniel.