Tim Bhayangkara Samator. (Dok/Ist)

Bhayangkara Samator Tembus Final Proliga 2018

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Tim bola voli putra Surabaya Bhayangkara Samator akhirnya melaju ke babak final Proliga 2018 setelah mengalahkan Jakarta Pertamina Energi dengan skor tipis 3-2 di GOR Sritex Arena Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (08/04/2018). Pertandingan antara Samator melawan Pertamina yang disaksikan sekitar 4.000 penonton berjalan ketat di mana kedua tim saling menyerang karena tim yang menang akan maju ke babak “grand final” bersama Palembang Bank SumselBabel yang lebih dahulu lolos.

Samator yang menurunkan Nicolas Gonzalez, Rivan Nurmulki, Rendy Febrianttamami, Hadi Suharto, Henry Aden vian, dan Nizar Zulfikar pada set pertama menghadapi Pertamina, bermain menyerang melalui servis lompat dan blok ketat. Pertamina yang mengandalkan dua pemain asingnya, Minic Aleksandar dan Olefir Bogdan melakukan smas-smas tajam sehingga menghasilkan poin dan unggul pada set ketiga.

Skuat asal Surabaya, Jawa Timur ini meningkatkan tempo permainan dan menang pada set keempat dengan skor 35-33, sehingga kedudukan imbang 2-2. Pada set kelima atau penentuan, Samator bermain taktis dan efektif untuk menghasilkan poin. Tim itu menang atas Pertamina dengan skor 15-8. Kedudukan menjadi 3-2 untuk kemenangan tim berasal dari Surabaya itu.

Manajer Surabaya Bhayangkara Samator, Nanang Masbudi mengatakan, kemenangan timnya berkat kerja keras pemain dan tim pelatih yang disebutnya luar biasa. Samator lolos ke “grand final” yang akan digelar di Yogyakarta pada 15 April mendatang. “Pemain dan pelatih bekerja keras luar biasa. Faktor nonteknis dalam hal ini mental bertanding berperan penting dalam kemenangan tim kami,” katanya seperti dikutip dari Antara. Ia mengaku bahwa tim pelatih sudah memberikan semua kemampuan dalam persiapan tim sebelum menghadapi Pertamina. Instruksi dari tim pelatih itu dilaksanakan dengan baik oleh pemain, terutama mental pemain, sehingga timnya lolos ke final.

Samator pada babak grand final akan menghadapi Palembang Bank SumselBabel yang pada pertandingan sebelumnya di Solo berhasil menang atas lawannya 3-1. Pelatih Jakarta Pertamina Energi Andri Widiyatmono mengakui, Samator bermain lebih bagus melawan timnya sehingga mereka menang dengan skor tipis 3-2. “Saya akui Samator bermain lebih baik lawan tim kami,” katanya.

Di bagian putri, tim bola voli Jakarta Pertamina Energi dan Bandung Bank BJB Pakuan dipastikan lolos ke “grand final”, setelah masing-masing mendapatkan kemenangan atas lawannya, yakni Tim Popsivo dan BNI Taplus.