Eusebio Di Francesco
Eusebio Di Francesco. (foto istimewa)

Roma Tetap Yakin Segel Tempat di Semifinal Liga Champions

JAKARTA (IndependensI.com) – Tak ada kata menyerah dalam rumus hidup pelatih Roma, Eusebio Di Francesco.

Meski terbilang sulit, Roma akan berusaha menyegel tempat di semifinal Liga Champions.

Menghadapi Barcelona di leg kedua perempat final Liga Champions di Olympico, Rabu (11/4/2018) dinihari, bukan perkara mudah. Pasalnya, mereka sudah tertinggal 1-4 di leg pertama.

Namun untuk bisa menjinakan Barcelona, Serigala Ibukota perlu kerja keras. “Mengapa tidak percaya (Roma bisa mengalahkan Barcelona) sampai akhir dan berharap kami bisa mencapai sesuatu yang belum terjadi sebelumnya? Kami tertinggal tiga gol, jadi ini benar-benar sulit, namun kami punya kewajiban untuk mencobanya,” ungkap Di Fransesco kepada media seperti dikutip Reuters, Selasa (10/04/2018).

“Kami akan melawan mesin. Kami harus bermain dengan semangat, hati dan keyakinan sampai peluit akhir kalau ingin melakukan hal yang tak terpikirkan,” sambungnya.

Buat Roma ini adalah kesempatan emas untuk tampil di semifinal. Dua kali mereka sampai babak perempat final dan semuanya berakhir dengan kegagalan. Ketika itu Roma selalu dikalahkan Manchester United pada 2007 dan 2008.

Roma pernah mencapai semifinal di pentas Eropa, yakni Piala Eropa pada 1984 setelah mengalahkan Dynamo Berlin. Sayangnya di final mereka kalah dari Liverpool.

“Kami sering berbicara tentang mentalitas kemenangan, tapi kami tidak banyak menang di klub ini. Jadi secara historis kami belum benar-benar memilikinya.”

Menurut Di Fransesco hal ini berbeda dengan Barcelona yang telah membangun tim sejak beberapa tahun. “Kekuatan mereka dibangun selama bertahun-tahun. Itu tidak terjadi dalam semalam.”

“Kekuatan Barcelona berasal dari mentalitas mereka yang dimulai dari akademi. Mereka mengelola permainan dengan luar biasa,” tandasnya.(BM/ist)