Perayaan HUT Satpol PP dan Satlias Kota Bekasi. (humas)

Satpol PP dan Satlinmas  Diminta Pengawal Pelaksanaan Pilkada

BEKASI (IndependensI.com)-  Peran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) menjadi penting ditahun politik 2018 ini.  Satpol PP dan Satlinmas harus ikut mengawal dua agenda nasional tersebut.

“Kesiapsiagaan harus lebih ditingkatkan,” kata Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah saat ulpacara HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Ke-68 dan HUT Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Ke-56 Tingkat Kota Bekasi,  Kamis (19/4/2018).

Dalam upacara  yang berlokasi di Plaza Pemkot Bekasi Jalan Ahmad Yani,  ratusan personil Satpol PP, Satlinmas Kota Bekasi bersama satuan TNI dan Polri dilibatkan. Upacara tersebutdirangkaikan dengan apel siaga dalam rangka mengawal Pilkada serentak 2018.

Ruddy Gandakusumah  menyampaikan sambutan Menteri Dalam Negeri  Tjahjo Kumolo dan dalam arahannya disampaikan mengenai pengamanan pilkada serentak di 171 Daerah di Indonesia. Termasuk pilkada Gubernur Jawa Barat dan Pilkada Wali Kota Bekasi pada 27 Juni 2018.

Dua agenda besar bakal digelar yakni di 2018 pemilihan kepada daerah dan 2019 pemilihan Presiden dan Pemilihan Anggota Legislatif, katanya.

Selain melihat peran peting para petugas keamanan, Ruddy juga menekankan konsolidasi dan kerja sama perlu ditingkatkan agar pilkada berlangsung aman dan damai termasuk pada saat kampanye, hingga hari pemungutan suara.

“Koordinasi, komunikasi dan sinergi dengan instansi terkait seperti KPUD,  Bawaslu, TNI, Polri dan Kesbangpol lebih diintensifkan. Dan dengan tokoh masyarakat dan alim ulama dalam menjaga kondusifitas dengan mengutamakan kearifan lokal di masyarakat,” ungkapnya.

Pada  HUT tersebut, Pemkot Bekasi juga memberikan apresiasi dengan memberikan piagam penghargaan kepada Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Indarto yang menginisiasi program pelopor lolisi di tingkat RW atau Polisi RW yang sudah berjalan. (jonder sihotang)