Jalur khusus sepeda motor dan angkot di Jalan Ahmad Yani Kota Bekasi. (foto: jonder sihotang)

Tertibkan Lalu Lintas Berlakukan Sterilisasi Jalur Khusus

BEKASI (IndependensI.com)-  Guna menciptakan kondisi lalu lintas di jalan protokol Kota Bekasi, Jawa Barat,  Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Bekasi Kota, melakukan sterilisasi jalur khusus kendaraan roda dua.  Sterilisasi dilaksanakan di Jalan Protokol Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, dari terminal bayangan angkutan umum dan pengendara ojek.

“Jalur motor akan ditertibkan, khususnya dari keberadaan angkutan umum maupun ojek online yang tidak berhenti di halte yang sudah
disediakan,” kata Kasat Lantas Polrestro Bekasi Kota Ajun Komisaris Besar  Harry Sulistiadi di Bekasi, kemarin

Pihaknya  bersama petugas Dinas Perhubungan (Dishub) setempat telah menempatkan petugas lalu lintas di sepanjang lintasan jalur khusus motor untuk menjaring oknum pengendara angkutan umum yang berhenti di bahu jalan untuk sekadar menurunkan atau menaikan penumpang tidak pada tempatnya.

Sanksi tilang juga akan diterapkan pihaknya terhadap para pelanggar dari aturan tersebut, termasuk pengendara motor yang
melintas di jalur roda empat atau lebih.

“Penerapan jalur khusus motor ini sudah berlaku sejak Kamis (19/4/2018) sebagai bagian dari penilaian Road Safety Partenership 2018 yang digagas Polri,” katanya.

Koridor khusus pengendara motor itu diterapkan secara permanen menyusul ditetapkannya Jalan Ahmad Yani sebagai kawasan tertib lalu lintas yang masuk dalam penilaian lomba tersebut.

“Jalur khusus sepeda motor ini akan berlaku seterusnya karena Jalan Ahmad Yani akan ditetapkan sebagai kawasan tertib lalu lintas,”
katanya.

Harry menambahkan, jalur motor tersebuut membentang sepanjang 2,5 kilometer mulai dari Simpang Bekasi Cyber Park hingga Jembatan Layang KH Noer Alie Summarecon Bekasi.

Pada jalur sebaliknya (depan Plaza Pemkot Bekasi hingga depan Islamic Center) juga kita berlakukan. Jalur utara dan selatan Jalan
Ahmad Yani kita berlakukan koridor khusus motor ini, katanya.

Pengataman IndependensI.com di lapangan, Senin (23/4/2018), penjagaan di lokasi sterilisasi dilakukan petugas Dishub mulai dari depan Kantor Pemkot Bekasi. Untuk memudahkan pengendara, petugas memasang pembatas jalur dan tulisan jalur sepeda motor dan angkutan umum. (jonder sihotang)