Kapolres Pembela Hak Petani Itu Kini Dimutasi

PEKANBARU (IndependensI.com) – Para Petani sawit di Desa Punti Kayu, Kecamatan Batang Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu-Riau, sangat terkejut mendengar kabar bahwa Kapolres Inhu AKBP Arif Bastari dimutasi dan digantikan oleh AKBP Dasmin Ginting
Adapun jasa yang telah dilakukan AKBP Arif Bastari pada petani sawit di Desa Punti Kayu adalah sangat tanggap terhadap pengaduan petani yang lahan mereka diduga diserobot oleh PT Citra Sumber Sejahtera (CSS).

Seorang Kadus Serangge Pabrik, Nasarudin, terkejut atas pergantian Kapolres Inhu. “Saya baru tahu tahu Kapolres itu dimutasi, beliau sangat berjasa dalam membela hak petani yang lahan di serobot PT Citra Sumber Sejahtera. Beliau tanggap terhadap laporan masyarakat dan menginstruksikan lewat Kapolsek Peranap supaya dihentikan alat berat PT CSS yang menyerobot lahan masyarakat,” ujar Nasarudin, Kamis (03/05/2018).

Hal senada juga dilontarkan warga yang bernama Sipahutar, bahwa Kapolres AKBP Arif Bastari sangat menolong petani ketika PT Citra Sumber Sejahtera menyerobot lahan masyarakat yang sudah produktif. “Saya mengucapkan terima kasih pada Bapak Kapolres yang sudah berhasil menghentikan aksi PT Citra Sumber Sejahtera yang telah menyerobot lahan masyarakat dan semoga Kapolres baru tetap pro petani,” ujarnya.

Pada Kamis (22/03/2018), ketika masih menjabat Kapolres Inhu, AKBP Arif menginstrusikan lewat Kapolsek Peranap, supaya pihak PT Citra Sumber Sejahtera menghentikan aksi penyerobotan tanah masyarkat. “Ini pesan Kapolres, tolong PT Citra Sumber Sejahtera menghentikan kerja di tanah masyarakat yang berkonflik, menunggu adanya penyelesaian, sekali lagi ini perintah Kapolres,” ujar AKP Anisman didepan Humas PT CSS yaitu Bambang dan dihadapan masyarakat.

Ketika ada intruksi Kapolres, PT Citra Sumber Sejahtera menghentikan alat eskavator untuk menyerobot lahan masyarakat. Namun sayangnya, tidak lama berselang, Kapolres AKBP Arif Bastari langsung dimutasi dan hingga kini PT Citra Sumber Sejahtera kembali melakukan aksinya menyerobot lahan masyarakat yang sudah produktif. Diperkirakan bahwa lahan masyarakat keseluruhan yang di serobot PT Citra Sumber Sejahtera sudah mencapai ribuan hektar di Desa Punti Kayu dan Desa Lubuk Kandis (Sp. Karmin).

AKBP Arif Bastari menjabat Kapolres Inhu sejak 16 Mei 2017 dan Berakhir pada 27 April 2018. Masyarakat mengucapkan terima kasih kepada AKBP Arif Bastari yang sudah membela petani. (Mangasa Situmorang)