Wakasatlantas Polres Metro Bekasi Kota Komisaris Mustamal bersama Kasubag Humas Komisaris Erna Ruswing. (foto:jonder sihotang)

1.764 Personil Dilibatkan: Polres Metro Bekasi Siapkan 14 Pospam Jalur Mudik Lebaran

Loading

BEKASI (IndependensI.com)-  Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Metro Bekasi Kota akan menempatkan 11 pos pengamanan (pos pam), dan tiga pos pelayanan (posyan) pada jalur mudik Lebaran 2018. Pos tersebut ditempatkan pada tempat tertentu guna membantu kelancaran pemudik.

Ke 11 pospam tersebut, berlokasi antara lain di perampatan Bulak Kapal, Stasiun kereta api Kranji, depan gerbang tol Bekasi Barat, depan Giant Wisma Asri, Bantargebang, Jatiasih Komsen, Pondokgede, Jatiwaringin, depan Plaza Bluemal dan lainnya.

Sedang ketiga posyan, disediakan di Stasiun Kereta Api Bekasi, Terminal Bus Bekasi, dan di depan PDAM Jalan Hasibuan.

“Penempatan pos pam dan posyan tersebut, guna membantu masyarakat khsusunya pemudik dan diberlakukan H-7sampai H+7 Idul Fitri 2018,” ungkap Wakil Kepala Satlantas  Polres Metro Bekasi, Komisaris Mustamal, Senin (4/5/2018) malam.

Pihaknya akan menempatkan petugas gabungan dari polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Damkar, dan PMI pada pos tersebut  sebanyak 1.764 personil.

“Yang menjadi tema operasi ketupat pada Idul Fitri 2018 adalah ‘operasi kemanusiaan’ dalam pelayanan masyarakat,” turut Mustamal.

Menjawab Independensi.com terkait pengawalan terhadap  pemudik pesepeda motor, Mustamal mengatakan pihaknya akan melakukan rapat koordinasi terlebih dahulu.

Diperkirakan jumlah pemudik menggunakan sepeda motor dari arah Jakarta melintasi Kota Bekasi Lebaran kali ini, akan menurun. Hal itu sejalan program pemerintah adanya angkutan penitipan kendaraan, dan angkutan Lebaran.

Tahun 2016 lalu katanya, sesuai data di Satlantas Polres Metro Bekasi Kota, jumlah pemudik pesepeda motor yang melintas Kota Bekasi tercatat 274.303 unit. Tahun 2017 sebanyak 209.441 kendaraan. Sedang arus balik tahun 2016 sebanyak 162.901 unit dan tahun 2017 tercatat 61.431 kendaraan roda dua.

Mustamal mengimbau kepada masyarakat yang mudik menggunakan sepeda motor agar mengutamakan keselamatan dan satu sepeda motor ditumpangi dua orang,  dan barang bawaan tidak terlalu banyak sehingga tidak sampai  mengganggu perjalanan. (jonder sihotang)

One comment

Comments are closed.