James Rodriguez

Pekerman Cemaskan Kondisi Rodriguez

JAKARTA (IndependensI.com) – James Rodriguez cedera saat Kolombia menghadapi Senegal pada penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 di Samara, Rusia, Kamis (28/6/2018) malam WIB. Gelandang Bayern Munich itu hanya bermain sekitar 30 menit sebelum digantikan Luis Munel.

Pelatih Kolombia, Jose Pekerman, mencemaskan kondisi Rodriguez. Kolombia amat membutuhkan kehadiran Rodriguez saat menghadapi Inggris di babak 16 besar.

“Saya amat khawatir. Kami menghadapi keadaan yang berat,” kata Pekerman seperti dikutip laman fifa.com, usai kemenangan 1-0 atas Senegal.

Rodriguez tidak dipasang sebagai pemain inti ketika Kolombia dikalahkan Jepang karena cedera kaki. Cedera tersebut yang sepertinya kambuh lagi di pertandingan kemarin.

“Dia berlatih secara normal hingga kemarin. Bahkan kemarin dia melakukan latihan sendiri usai sesi latihan bersama. Dia mengasah tendangan bebas dan penalti,” kata Pekerman.

“Kondisinya optimal selama latihan. Dia juga tidak merasa nyeri sebelum pertandingan. Jujur saja, saya tidak tahu bagaimana keadaannya,” ujar sang pelatih.

Pekerman mengatakan masih menunggu hasil pemeriksaan medis untuk menentukan apakah pemain andalannya itu bisa dipasang melawan Inggris.

“Saya belum menerima konfirmasi tentang cedera atau informasi lain. Kami harus menunggu. Kami berharap ada kabar baik setelah pemeriksaan medis. Setelah itu, baru kami bisa menentukan langkah berikutnya,” kata Pekerman.

Sebelum meninggalkan lapangan, Rodriguez tampil buruk. Dia hanya menuntaskan dua operan dari 10 tendangan. Rodriguez kali ini jauh berbeda dibanding Rodriguez yang meraih Sepatu Emas di Piala Dunia 2014.

Kolombia menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan 1-0 berkat gol Yerry Mina di menit 24. Hasil ini meloloskan Kolombia sebagai juara Grup H dengan enam poin. Jepang menjadi runner-up dengan empat poin, mendapatkan lebih sedikit kartu kuning dibanding Senegal.

Jepang tetap lolos meski dikalahkan Polandia 0-1 di Volgogard. Gol tunggal Polandia dipersembahkan Jan Bednarek di menit 59. Hasil ini menjadi hiburan buat Polandia yang kalah di dua pertandingan sebelumnya. Polandia pun harus puas menempati dasar klasemen akhir Grup H dengan tiga poin.