Pemain Belgia, Adnan Januzaj (kanan), menendang bola ke arah gawang Inggris pada penyisihan Grup G Piala Dunia 2018 di Kaliningrad, Rusia, Jumat (29/6/2018) dini hari WIB. (Foto: FIFA)

Belgia Lolos Sempurna

JAKARTA (IndependensI.com) – Sudah sama-sama lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018, Belgia dan Inggris tidak terlalu ngotot mencari kemenangan pada penyisihan terakhir Grup G di Kaliningrad, Rusia, Jumat (29/6/2018) dini hari WIB. Pelatih kedua tim menggunakan pertemuan itu untuk mencoba pemain cadangan.

Gareth Southgate mengistirahatkan sebagian besar pemain inti Inggris. Di kubu Belgia, pelatih Roberto Martinez juga mencoba komposisi baru.

Di laga penentuan juara grup ini, Belgia lebih dulu menebar ancaman. Mousa Dembele dan Marouane Fellaini memaksa kiper Inggris, Jordan Pickford, kerja keras menyelamatkan gawangnya.

Di menit 30, Inggris membuka peluang lewat serangan Trent Alexander-Arnold. Namun tendangannya melebar dari sasaran. Sekitar empat menit berselang, sundulan Ruben Loftus-Cheek juga gagal menjadi gol.

Kedua tim meningkatkan tempo permainan di babak kedua. Adnan Januzaj memastikan penonton tidak keluar uang percuma dengan golnya di menit 51. Gelandang serang Belgia itu membawa bola melewati Danny Rose dan melepas tendangan kaki kiri ke pojok gawang Inggris.

“Three Lions” berusaha menyamakan skor antara lain lewat serangan Phil Jones dan Marcus Rashford. Namun gol penyeimbang tidak kunjung tercipta. pertandingan pun ditutup dengan kemenangan 1-0 untuk Belgia.

Menang tiga kali di penyisihan, Belgia menempati urutan pertama klasemen akhir Grup G dengan sembilan poin. Inggris menjadi runner-up dengan enam poin.

Tunisia menempati peringkat tiga dengan tiga poin usai mengalahkan Panama 2-1 di Mordovia. Panama tidak beranjak dari dasar klasemen, tanpa meraih satu poin pun.

Di tahap selanjutnya, Belgia akan bertemu runner-up Grup H, Jepang. Inggris akan menghadapi juara Grup H, Kolombia.