Tim Amerika merayakan keberhasilannya menjuarai Presidents Cup 2017 setelah mengalahkan tim Internasional dengan skor 19-11 di Liberty National Golf Club, New Jersey, AS, Minggu (1/10/2017). (AFP)

Amerika Juara Presidents Cup 2017

JAKARTA (IndependensI.com) – Tim Amerika kembali meraih Presidents Cup setelah mengalahkan tim Internasional dengan skor 19-11 di New Jersey, AS.

Kemenangan dipastikan Daniel Berger yang unggul 2 dan 1 atas pegolf Korea Selatan, Kim Si-woo di Liberty National Golf Club, Minggu (1/10/2017). Hasil itu membuat kemenangan Jason Day (Australia) dan Hideki Matsuyama (Jepang) tidak berarti lagi.

Tim Amerika menerima trofi dari Presiden AS Donald Trump. Sang presiden masih sempat menyaksikan pegolf Amerika mengunci kemenangan. Trump melihat pertandingan dari balik dinding kaca clubhouse di lubang ke-14.

“Rasanya luar biasa,” kata Berger, yang diberitahu oleh kapten tim Amerika, Steve Stricker, di lubang ke-16 bahwa mereka sudah memastikan kemenangan.

Tim Amerika lebih santai di pertandingan Minggu setelah unggul telak dalam 18 pertandingan foursome dan fourball. Amerika mendominasi dengan hanya memberi dua kemenangan dalam tiga hari pertama.

Hasil Lengkap Presidents Cup 2017

Amerika sudah unggul 11 poin dan hanya butuh satu angka lagi di hari terakhir untuk membukukan keberhasilan menjuarai turnamen beregu ini tujuh kali berturut-turut.

“Mereka datang ke sini dengan mementum dan kepercayaan diri tinggi,” kata Stricker tentang para pemain di timnya yang termasuk para juara dari tiga turnamen major terakhir.

Tim Internasional, yang baru sekali meraih Presidents Cup yaitu pada 1998, hanya berharap bisa memperkecil kekalahan. Tapi mereka sulit menandingi tim Amerika yang sudah bermain lepas di hari terakhir.

“Tim ini terlalu banyak mengalami kesulitan di awal pekan dibanding tim yang pernah saya ikuti,” kata kapten tim Internasional, Nick Price.

“Kami pikir kami sudah punya strategi pertandingan yang bagus. Sayangnya, strategi itu tidak berjalan sebagaimana mestinya,” ujarnya.