Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan. (Istimewa)

Angga/Rian Susul Ahsan/Hendra

JAKARTA (IndependensI.com) – Ganda putra Angga Pratama/Rian Agung Saputro akhirnya menyusul duet seniornya, Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan ke babak perempat final kejuaraan Singapore Open 2018. Angga/Rian harus mengeluarkan ekstra stamina sebelum mencatat kemenangan rubber game atas ganda Malaysia, Aaron/Wooi Yik Soh. Pertandingan yang berlangsung di Singapore Indoor Stadium, Kamis (19/7), cukup mendebarkan. Pasalnya, kedua pasangan itu saling tidak mau kalah. Pertarungan pun cukup alot, dari game pertama hingga game ke tiga. Ke dua pasangan saling menyerang dan selisih poin pun tidak jauh.

Angga/Rian sempat membuka peluang dengan meraih kemenangan di game pertama, 21-19. Tapi sayang di game kedua justru terlepas dari tangan mereka dan kalah, 18-21. Beruntung di game tiga Angga/Rian berhasil meraihnya, walau dalam adu setting, 22-20. “Meski game pertama menang, tapi kita belum menemukan permain yang benar. Mungkin karena berbeda lapangan dengan di babak pertama kemarin. Kurang enak aja mainnya, masih penyusaian pukulan soalnya,” tutur Rian. “Game kedua lepas karena banyak error sendiri. Tapi game tiga, Alhamdulilah. Kita padahal ketinggalan tapi bisa kembali normal mainnya dan bisa menang.” sahut Angga.

Angga/Rian akan berjumpa dengan pasangan Thailand Maneepong Jongjit/Bodin Isara di babak perempat final yang akan berlangsung, Jumat (20/7) besok. Ini pertemuan ketiga bagi kedua pasangan dan Angga/Rian tidak pernah menang dari lawan ini. Pertemuan terakhir, Angga/Rian kalah 19-21 dan 13-21 di kejuaran Denmark Open 2012 lalu. “Main maksimal, lebih siap lagi lebih fokus lagi aja menghadapi lawan. Kita juga sudah lama berjumpa dengan mereka.” tutup Angga.

Sementara itu Hendra/Ahsan yang menjadi unggulan lima lolos ke perempat final setelah menyingkirkan pasangan Peter Briggs/Tom Wolfenden (Inggris) dengan dua game langsung, 21-18 dan 21-9. Ini kemenangan kedua kalinya bagi Hendra/Ahsan dari pasangan itu. Dipertemuan terakhir, Ahsan/Hendra menang dalam pertarungan rubber game 25-27, 21-13 dan 24-22 di kejuaraan Japan Open 2016 lalu. “Lawan tidak mudah juga dikalahkan, pernah berjumpa sekali itu juga lama. Tapi kita tetap menerapkan pola permainan sendiri. Banyak yang mengeluh lapangan berangin, tapikan semua merasakan. Intinya lebih siap aja,” ujar Hendra.

Lolos ke babak perempat final, Ahsan/Hendra masih menunggu pemenang antara Tinn Isriyanet/Kittisak Namdash (Thailand) melawan Danny Bawa Chrisnanta/Hee Yong Kai Terry (Singapura). “Intinya kita lebih safe aja, dan mereview pertandingan lawan nanti. Kalau bicara target, bisa menang aja di pertandingan besok,” tutup Ahsan.

Di lapangan lainnya, pasangan ganda campuran Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow berhasil menaklukan pasangan unggulan enam Marvin Jerry Chopra/Linda Elfer (Jerman), 17-21, 21-17 dan 24-22. Dengan kemenangan ini, wakil Indonesia bertambah menjadi tiga wakil di babak perempat final.