Ilustrasi membangun infrastruktur. (foto istimewa)

Bupati Tapteng Ajak Warga Jaga Pola Hidup Sehat dan Bangun Infrastruktur

JAKARTA (IndependensI.com)  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Tengah (Tapteng) saat ini tengah fokus membangun infrastruktur.

Hal itu dikemukakan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Subarani, saat melakukan, Jumat bersih, dan senam pagi bersama orang tua lanjut usia (lansia) di Desa Sibintang, Kecamatan Sosorgadong, Kabupaten Tapteng, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (27/07/2018).

Bupati didampingi Ketua TP PKK Tapteng Ny Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani, OPD Tapteng, Pengurus TP-PKK Tapteng,  Camat, dan Pengurus TP-PKK Kecamatan Sosor Gadong. Acara juga dihadiri Kades se-Kecamatan Sosor Gadong, petugas kesehatan Kecamatan Sosor Gadong, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda, bersama ratusan warga Desa Sibintang.

Bupati Bakhtiar mengatakan, jalan yang baru dilalui rombongan Bupati menuju Kantor Desa Sibintang, memang sebagian sudah dibangun pada tahun 2018 ini. Sisanya yang belum, akan dibangun tahun 2019 nanti.

Menurut bupati, kehadirannya untuk ikut senam sehat di Desa Sibintang karena desa ini menjadi perwakilan Tapteng, pada lomba desa terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2018 ini.

“Kehadiran saya di Desa Sibintang ini sebagai parhobas (pelayan) masyarakat. Saya ingin berada di setiap pribadi masyarakat Sibintang dan masyarakat Tapteng,” ujar Bakhtiar di depan peserta senam.

Bupati mengajak warga Sibintang agar menjaga pola hidup sehat. Karena saat ini terjadi perubahan iklim sehingga penyakit sangat mudah menyerang, akibat pola hidup masyarakat yang kurang sehat. “Di antaranya, senang mengkomsumsi makanan mengandung kolestrol, atau makanan berlemak dan makanan yang tidak sehat lainnya,” jelas Bupati.

Ditempat yang sama, Ketua TP-PKK Tapteng, Ny Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani berharap, melalui senam sehat itu dapat memberi semangat, kesehatan, dan panjang umur kepada orang tua kaum lansia.

“Marilah kita selalu menjaga kesehatan, rajin berolah raga. Jadikan olah raga itu sebagai ajang  untuk berinteraksi,” ujar Citra.

Ketua TP-PKK Tapteng ini juga mengaku terhibur, dan gembira saat kaum lansia yang rata rata umurnya 60 tahun keatas. Masih mampu dan semangat mengikuti gerak senam dari instruktur senam. “Hal inilah yang patut di contoh para kaum muda, untuk rajin berolah raga, sehingga  kesehatan kita terjaga,” pungkas Citra.

Pada kesempatan itu, Bupati Bakhtiar menyumbangkan lagu berjudul, “Tangiang Ni Dainang” berbaur dengan ibu-ibu Lansia, di antaranya, Renia Silitonga (80 tahun).

Pemberian secara simbolis makanan tambahan kepada anak sekolah berupa biskuat sekolah, makanan tambahan ibu hamil,  bantuan untuk anak sekolah SMP dan SMA. Selain itu, juga bantuan sosial beras 10 kg dan minyak goring kepada 100 orang lansia, bantuan baju PKK dari ketua TP-PKK untuk TP-PKK 6 desa. Juga pemberian Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan alat Kontrasepsi.