Presiden China Xi Jinping (kiri) beberapa kali dibandingkan dengan Winnie the Pooh. (Foto: Getty/Laurie Sparham)

Winnie the Pooh Dicekal di China

JAKARTA (IndependensI.com) – Otoritas film China menolak meloloskan film terbaru Disney yaitu “Winnie the Pooh, Christopher Robin”. Tidak ada alasan resmi mengenai pencekalan itu tapi diduga terkait perbandingan Presiden China Xi Jinping dan si beruang madu.

Pemerintah China sudah mem-blok gambar Pooh di media sosial sejak tahun lalu. Perbandingan Xi dan Pooh dimulai sejak 2013 ketika foto Xi berjalan di samping Presiden AS Barack Obama diunggah bersama foto Pooh berjalan di samping Tigger.

Pada 2014, gambar Xi berjabatan tangan dengan Perdana Menteri Shinzo Abe diunggah bersama dengan gambar Pooh dan Eeyore.

Begitu meme tersebut tambah populer lembaga sensor China pun mulai mencekal gambar-gambar Pooh di berbagai media sosial.

Pada 2015, gambar Xi dalam iring-iringan mobil diunggah bersama gambar Winnie the Pooh naik mobil mainan disebut sebagai “foto paling disensor oleh China” oleh perusahaan analis politik, Global Risk Insights.

Pada Juni 2018, China menyensor komedian John Oliver dari laman HBO setelah pemandu acara bincang-bincang Inggris itu tampil di Last Week Tonight. Di acara yang ditayangkan di AS itu, Oliver meng-kritisi Xi dan China dengan komedi roasting. Dia membandingkan sikap Xi yang terlalu sensitif seperti beruang.

Global Risk Insights menduga sensor terhadap Pooh dilakukan karena perbandingan Pooh dan Xi dilihat Beijing sebagai “upaya serius untuk menjatuhkan kehormatan lembaga kepresidenan dan Xi”.

Hollywood Reporter berpendapat lain. Surat kabar ini mengatakan pencekalan ini semata karena masalah kuota. China membatasi film asing hanya 34 film per tahun, dan pasar China kemungkinan lebih tertarik menayangkan film lain.

Film produksi Disney lain, “A Wrinkle in Time”, juga dicekal di China tahun ini. Tapi “Skyscraper”, “Mission Impossible: Fallout”, dan “Ant-Man and The Wasp”, yang juga produksi Disney, tayang di negara itu.

Film “Christopher Robin”, yang dibintangi Evan McGregor, berkisah tentang Robin dewasa yang bertemu kembali dengan Pooh. Dalam pertemuan itu, Robin menemukan kembali imajinasinya yang menyenangkan.