Cakra 19 Dukung Presiden Jokowi Dua Periode

JAKARTA (IndependensI.com) – 19 jenderal purnawirawan Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersatu dengan nama Cakra 19 untuk menjadi tim pemenangan calon presiden Joko Widodo dan calon wakil presiden Ma’ruf Amin. Mereka berkumpul dan mendeklarasikan dukungan di Hotel Borobudur yang terletak di Jalan Banteng Selatan, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (12/08/2018).

“Sejumlah purnawiran yang tergabung di Cakra 19 telah melakukan diskusi sebelum menggelar deklarasi dukungan. Selama empat tahun terakhir Presiden Joko Widodo telah berhasil memimpin Indonesia,” kata Juru Bicara Cakra 19 Laksamana Muda TNI (Purn) Iskandar Sitompul.

Ia menyatakan oleh karena itu, dengan dukungan purnawiran, Jokowi diharap bisa kembali memajukan pembagunan secara nasional dan merata di seluruh sektor.

Cakra merupakan kata yang berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti pusat energi, roda atau lingkaran dari kekuatan-kekuatan positif yang dilengkapi kreatifitas dan kebebasan berekspresi, guna mencapai tujuan dari kebaikan bersama. “Jokowi dan Ma’ruf Amin yang lebih baik. Mesin ini akan bekerja, kita akan bekerja mulai Aceh sampai Merauke. Sudah ada posko yang kami bentuk. Ini sudah siap untuk bekerja,” kata mantan Menseskab Andi Widjajanto.

Ia menambahkan Jokowi ingin Pilpres 2019 berjalan dengan baik. Dengan begitu, relawan Cakra19 siap bergerak mensosialisasikan kinerja Jokowi di periode pertama. “Yang perlu kita perhatikan arahan dari Pak Jokowi, Pak Jokowi menginginkan bukan perang,” kata Andi.

Sebagai pendukung Jokowi, Andi dan relawan yang tergabung dalam Cakra19 yakin Indonesia sentris akan terwujud. Ini dilihat dari kerja nyata Jokowi selama menjabat presiden. Di antaranya BBM satu harga dan tol laut. “Itu yang harus kita berikan ke pemilih. Kita punya gagasan besar kemaritiman, kita harus yakin dengan maritim. Pak Jokowi sudah mengeluarkan poros maritim,” ujarnya.

Selain Andi, sejumlah komponen bangsa yang tergabung dalam #Cakra19 yakni, Mayjen TNI (Purn) Andogo Wiradi, Letjen TNI (Purn) Eko Wiratmoko, Letjen TNI (Purn) Lodwijk F Paulus, Mayjen TNI (Purn) Winston Simanjuntak, Mayjen TNI (Purn) Yudi Harianto, Mayjen TNI (Purn) Istu Hari Subagio, Laksda TNI (Purn) Iskandar Sitompul.

Kemudian Mayjen TNI (Purn) H. Harry Purdianto, Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian, Brigjen TNI (Purn) Juanda, Marsda TNI (Purn) Usra Hendra Harahap, Kol (Purn) Harry Guritno, Heintje J Sumanti, Oni Ispriyanto, Budi Santoso, Sufirman, Lawrence Siburian, dan Brigjen TNI (Purn) Nur Godang.