Asian Parent Beberkan Survei Perilaku Internet Ibu- Ibu Digital Masa Kini

JAKARTA (IndependensI.com) – Portal Parenting di Asia, theAsianparent,  dibawah naungan Tickled Media mengungkapkan hasil  survey Indonesian Digital Mums (IDM) 2018. Laporan yang didasarkan pada data riset mendalam dengan lebih dari 1.000 ibu-ibu digital masa kini.

karakteristik digital terbaru dan kecenderungan yang muncul dalam perilaku online para ibu Indonesia, konsumsi internet, serta kebiasaan mereka dalam menggunakan media sosial.

Laporan ini menyebutkan bahwa sebanyak 99% ibu di Indonesia menjadi penentu belanja rumah tangga serta terjadi peningkatan penggunaan internet sebanyak 48,7% dan kebiasaan menonton TV menurun hingga 78,5%.

“Ibu-ibu di Indonesia mewakili segmen pasar yang menarik bagi berbagai industri. Seperti ibu-ibu di negara-negara Asia Tenggara lainnya, ibu di Indonesia semakin aktif mengonsumsi internet dan semakin cerdas secara digital,” ujar Founder dan CEO Tickled Media Roshni Mahtani.

“Kondisi ini menghadirkan peluang sekaligus tantangan bagi brand yang ingin menjangkau dan memengaruhi keputusan belanja, baik untuk keperluan pribadi dan keluarga para ibu. Pemasaran ke ibu masa kini harus secara digital dulu.” tambahnya.

“Sekarang smartphone merupakan gadget paling penting bagi seorang ibu digital. Mulai dari membaca, berkomunikasi hingga memonitor anak semua bisa dilakukan melalui ponsel mereka.” kata Head of Content Tickled Media Putri Fitria.

“Setiap brand tidak dapat mengabaikan kenyataan bahwa dalam kebiasaan digital ini merupakan tren baru yang harus diperhatikan dalam strategi pemasaran.” jelasnya.

Indonesia Digital Mums tahun ini menyatakan bahwa ibu di Indonesia mempengaruhi belanja rumah tangga sebesar 99%, meningkat dari tahun hasil survei tahun lalu sebesar 98%.

Ibu-ibu masa kini bahkan dikenal dengan sebutan Chief Household Officer (CHO), yaitu pembuat keputusan utama untuk pembelian keperluan di rumah mereka.

Beberapa temuan kunci lainnya adalah : Konsumsi internet yang meningkat secara signifikan, Instagram menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan, Smartphone sebagai pilihan utama menjelajahi internet, Beralih digital untuk konsumsi video dan media, Berbelanja online 2-3 kali sebulan dengan produk anak-anak mendominasi, dan menikmati pertumbuhan dompet digital.

Sekitar 44% dari ibu digital Indonesia saat ini memiliki setidaknya 1 akun e-money/digital wallet dengan GoPay mendominasi sebesar 75%. Mereka terutama menggunakan layanan ini untuk transportasi (38%) dan belanja (32%).

Sebagai tambahan informasi, riset ini melibatkan responden dari wilayah Jabodetabek, Surabaya, Yogyakarta, Medan dan Bandung, riset ini secara komprehensif memapaparkan berbagai kecenderungan aktivitas para ibu terkait konsumsi internet, penggunaan media sosial, kebiasaan belanja rumah tangga dan temuan menarik lainnya.