Apriyani Rahayu (kiri) dan Greysia Polii. (Istimewa)

Lima Wakil Lolos Delapan Besar

JAKARTA (IndependensI.com) – Ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu menaklukkan satu dari delapan ganda putri Jepang yang tampil di kejuaraan Japan Open 2018. Tiket perempat final diraih pasangan rangking empat dunia ini usai mengalahkan Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata, dengan skor 14-21, 21-16, 21-10, Kamis (13/9/2018). Ini merupakan pertemuan pertama Greysia/Apriyani dengan pasangan rangking sepuluh dunia tersebut.

Di game pertama, Greysia/Apriyani masih mencari pola permainan terbaik untuk menaklukkan Sakuramoto/Takahata. Kekalahan di game pertama tak membuat Greysia/Apriyani patah semangat. Mereka balik menekan lawan dan unggul jauh di game kedua. Sempat kesulitan menyelesaikan game kedua saat sudah unggul jauh 18-6, Greysia/Apriyani akhirnya merebut game kedua da memaksakan dimainkannya game penentuan.

Game ketiga mutlak dikuasai Greysia/Apriyani, Sakuramoto/Takahata tak berkutik dan tertinggal jauh hingga 6-13. Greysia/Apriyani yang telah memegang kendali permainan, akhirnya memenangkan tiket perempat final. “Dengan kondisi bola yang berat seperti ini, kami memang harus menerapkan strategi khusus. Di game pertama, kami tertekan dan tidak bisa berbuat banyak. Kami coba ubah strategi di game kedua, memang kalau melawan ganda putri Jepang itu harus kuat, apalagi kondisi shuttlecock nya seperti ini,” jelas Greysia seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI.

“Sebetulnya lawan kami hari ini sama saja dengan ganda putri Jepang lainnya. Tipe main ganda putri Jepang itu sama semua. Tapi Sakuramoto/Takahata adalah pemain muda, mereka juga bagus. Tadi kami bermain lebih safe saja dan bisa mencari kesempatan untuk mendapat poin,” ungkap Apriyani. Di babak perempat final, Greysia/Apriyani akan berhadapan dengan wakil Bulgaria, Stefani Stoeva/Gabriela Stoeva. Pada pertemuan terakhir di All England 2018, Greysia/Apriyani dikalahkan dengan skor 11-21, 19-21.

Indonesia telah mengirim lima wakil ke babak perempat final Japan Open 2018. Ada pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Anthony Sinisuka Ginting.

Sementara itu, ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan harus merelakan tiket perempat final jatuh ke tangan Li Junhui/Liu Yuchen. Pasangan Tiongkok ini lolos tanpa harus memeras keringat karena Hendra/Ahsan menyatakan mundur, Ahsan mengalami cedera pinggang. Hendra/Ahsan melaju ke babak kedua Japan Open 2018 setelah melewati laga sengit melawan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dengan skor 21-17, 20-22, 21-17.

“Tadi pagi setelah sarapan terasa sakit di pinggang dan menjalar ke perut. Saya sudah minum obat tetapi masih terasa sakit sampai sekarang. Sepertinya ini cedera yang lama, tapi rasa sakitnya beda,” kata Ahsan. Asisten Pelatih Ganda Putra PBSI Aryono Miranat mengatakan, Hendra/Ahsan sejauh ini belum memastikan mundur dari China Open 2018 yang akan berlangsung pekan depan. “Sejauh ini keputusannya akan tetap berangkat, biasanya Ahsan kalau sakit seperti ini dan istirahat beberapa hari bisa pulih lagi. Mudah-mudahan saja kondisinya membaik dan bisa tanding di China Open,” ujar Aryono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *