pengemudi becak motor (bentor)
Ilustrasi pengemudi bentor. (foto istimewa)

Kapolda Sumut Janji Bantu Pengemudi atau Keluarga Bentor Bisa Dapatkan BPJS Kesehatan

JAKARTA (IndependensI.com)   Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto bersilaturahmi dengan ribuan pengemudi becak motor (bentor) di halaman Mapolda Sumut, Rabu (26/9/2018).

Kegiatan ini akan rutin dilakukan sesuai janjinya demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan pemenuhan janji yang kami sampaikan pada waktu syukuran, bahwa kami berjanji untuk berkumpul kembali dan insyaAllah kita akan bisa berkumpul lagi pada waktu mendatang,” kata Agus saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (27/9/2018).

Dalam pertemuan itu, Agus banyak menyerap aspirasi dari masyarakat pengemudi becak motor mulai dari ajakan menjaga pemilu damai, membahas aturan lalu lintas, soal banyak pengemudi becak motor yang belum memiliki BPJS Kesehatan serta membuatkan koperasi untuk warga.

“Koperasi akan segera kita bentuk untuk membantu abang becak dan mensejahterakan abang betor (becak motor) sekalian,” ujarnya.

Di samping itu, Agus mengajak masyarakat Sumatera Utara untuk sama-sama mendukung dan membantu menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), kerukunan hidup di lingkungan sekitar.

“Kalau ada saudara yang dizalimi oleh siapa pun, preman, pemangku jabatan termasuk anggota di lapangan untuk segera dilaporkan sehingga bisa dicarikan solusi. Kalau ada kesulitan dengan surat-surat kendaraan bermotornya segera laporkan sehingga ada solusinya,” katanya.

Kapolda mengingatkan kepada masyarakat Sumatera Utara agar jangan mau diadu domba dan diperalat oleh siapa pun yang mengatasnamakan agama, suku, ras dan antargolongan untuk kepentingan kekuasaan. Sebab, sekarang memasuki tahun pemilu 2019.

“Yang bermain tetap aja nikmat, sementara yang benjol dan menderita yang berkonflik. Mohon bantu lagi supaya Medan makin lancar. Mari sama-sama kita wujudkan ‘Ini baru Medan’ bukan ‘Ini Medan bung’. Saya sangat perihatin, ini musim pemilu beda pilihan boleh, yang tidak boleh berantem hanya karena beda pilihan,” katanya.

Demi menjaga kekompakan, Agus akan membuat lomba penampilan becak terbaik. Masyarakat diimbau segera memperbaiki becak motornya agar menjadi juara lomba tersebut.

“Pasti ini akan membuat menarik para konsumen. Ini sejarah Kota Medan bahwa bentor merupakan icon Kota Medan. Makanya tampilkan yang terbaik, bulan depan akan kita mulai lomba becak terbaik. Harus kompak dan saling menjaga sehingga konsumen yakin kalau mereka menggunakan betor akan mendapat perlindungan,” katanya.

Agus berjanji membantu pengemudi atau keluarga bentor agar bisa mendapatkan BPJS Kesehatan. Sebab, pemerintah memang menyediakan hak membuka peluang untuk memberikan bantuan sosial BPJS gratis. “Pemerintah menyiapkan dana bantuan sosial  BPJS gratis kepada warga tidak mampu. Badan Statistik dan Dinas Sosial akan memproses sesuai ketentuan,” katanya.(budi/ist)