Menpora Imam Nahrawi (kiri) bersama Wakil Ketua Umum INAPGOC Sylviana Murni memegang obor Asian Para Games 2018 dan ddampingi Walikota Jakarta Timur, M. Anwar saat mengunjungi "Kampung Branding" di Kelurahan Pinang Ranti, Jakarta Timur, Rabu (3/10/2018). (INAPGOC)

Obor APG Datangi “Kampung Branding”

JAKARTA (IndependensI.com) – Dengan diiringi Marching Band, obor Asian Para Games 2018 meramaikan suasana di RPTRA Pinang Ranti, Jakarta Timur, Jumat (3/10/2018). Tak hanya itu, para pelari yang membawa obor juga disambut dengan lambaian tangan dan teriakan dari warga setempat yang menjejali sisi jalan. Selain warga setempat, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Wakil Ketua Umum INAPGOC Sylviana Murni dan Walikota Jakarta Timur M. Anwar juga turut menanti kedatangan obor tersebut.

Pawai obor Asian Para Games 2018 akan diarak ke lima pemenang kampung branding di DKI Jakarta. Kelurahan Pinang Ranti menjadi salah satu pemenang kampung branding wilayah Jakarta Timur. Penyerahan obor dilakukan secara simbolis oleh Imam Nahrawi kepada M. Anwar. Selain pawai obor, pada kesempatan ini Imam dan Sylviana secara bergantian memberikan sosialisasi terkait Asian Para Games 2018 kepada warga yang datang. Tak lupa hadiah sebesar Rp 10 juta diserahkan kepada RW 04 Kelurahan Pinang Ranti yang menjadi pemenang.

Menpora mengatakan, antusiasme dan partisipasi masyarakat memang dibutuhkan dalam upaya Indonesia menyukseskan gelaran Asian Para Games yang ketiga ini. “Tidak ada prestasi tanpa adanya partisipasi. Oleh karena itu keikutsertaan masyarakat dalam meramaikan gelaran Asian Para Games 2018 bisa membantu Indonesia sukses sebagai tuan rumah Asian Para Games 2018,” jelasnya.

Senada dengan Imam Nahrawi, Sylviana juga memuji peran aktif masyarakat yang ikut memeriahkan Asian Para Games kali ini. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada warga setempat karena telah membantu INAPGOC dalam menyukseskan ajang olahraga disabilitas negara-negara Asia ini. “Melalui kampung branding ini, masyarakat ikut berperan dalam melakukan publikasi sekaligus sosialisasi Asian Para Games 2018. Warga tak hanya menghias tampilan daerah tempat tinggal, tapi juga ikut menyebarkan terkait Asian Para Games melalui media sosial,” pungkasnya.

Siaran Langsung

Perhelatan Asian Para Games 2018 tinggal menghitung hari. Seluruh lini penyelenggaran terus disempurnakan menyambut pesta olahraga atlet disabilitas ke-3 di Asia ini. Salah satu yang menjadi bagian penting adalah penyebaran publikasi pertandingan lewat siaran langsung televisi maupun live streaming. Wakil Direktur Broadcast INAPGOC Ahmadsef menjelaskan, persiapan infrastruktur untuk siaran pertandingan di Asian Para Games sudah siap. “Nggak bisa dihargai dengan nominal pada saat kita bicara sebuah kepedulian dan komitmen juga inspirasi,” ungkap Ahmadsef.

PT. Kreatif Media Karya (KMK Online) sebagai official online media Asian Para Games 2018 akan menyuguhkan seluruh pertandingan cabang olahraga yang arenanya akan difokuskan di Jakarta. Ke-18 cabang olahraga akan disiarkan melalui live streaming di platform Vidio serta menyajikan berita seputar Asian Para Games 2018 melalui media-media di bawah naungan Kapanlagi Youniverse (KLY). Adapun KLY menaungi beberapa media daring yaitu Liputan6.com, Kapanlagi.com, Brilio.net, Merdeka.com, Dream.co.id, Bola.net, Bola.com, Otosia.com, Fimela.com, dan Famous.id. Vidio.com akan mempersembahkan sebanyak tujuh saluran live streaming yang dikhususkan untuk seluruh pertandingan Asian Para Games 2018.