Sang juara berfoto bersama pengurus PAGI dan Wakil Sekjen PB PGI Dr Raden Isnanta MPd dan Ketua PAGI Mudjo Suwarno. (Toto Prawoto)

Kevin yang Tiada Habisnya

JAKARTA (IndependensI.com) – Tidak bermaksud menafikan para kompetitornya kalau Kevin Caesario Akbar untuk kesekian kalinya menjadi juara di Emeralda Golf Klub dalam turnamen yang berbeda. Kenapa? Karena – jika dibandingkan dengan para pesaingnya – pegolf eks anggota timnas Asian Games XVIII 2018 yang satu ini memang sudah sangat mengenal golf course tersebut.

Tapi, ketika pada Sabtu (27/10/2017) kemarin dia menjadi juara lagi, jelas ini adalah sesuatu yang sangat luar biasa.Terkesan peak performance Kevin seolah-olah tidak ada habisnya.Bayangkan, pada 2-11 Oktober 2018 lalu dia tampil di PORDA Jawa Barat XIII yang berlangsung di Palm Hill Golf & Country Club, mewakili Kabupaten Bekasi.

Wakil Sekjen PB PGI, Putu Gde, menyerahkan tropi kepada juara BGO putra, Kevin Caesario Akbar. (Toto Prawoto)

Dia menyumbangkan 3 medali emas untuk Kontingen Bekasi dalam PORDA Jawa Barat tersebut. Dan, ketiga medali emas yang dipersembahkan oleh Kevin masing-masing dari nomor foursome yang berpasangan dengan Randy Arbenata Bintang, mixed foursome berpasangan dengan Alvi Novita dan dari nomor beregu bersama Alvia Wibihargo, Almer Noreen Nurdafa dan Randy Arbenata Bintang.

Bahkan di nomor individual pun Kevin nyaris menyabet medali emas — kalau saja di final nomor individual putra PORDA Jawa Barat XIII 2018 dia tidak membukukan skor boggey — sehingga apa boleh buat dia hanya menyabet medali perak sedangkan medali emas direbut oleh rekan se-timnya di Asian Games XVIII 2018 Jakarta-Palembang: Naraajie Emerald Ramadhan Putra.

Terlapas dari masalah kegagalannya merebut medali emas nomor individual putra pada PORDA Jawa Barat yang baru lalu, yang pasti Naraajie harus melakoni babak plya off terlebih dulu melawan Kevin, karena skor yang mereka bukukan sama yakni 14 under.

Walaupun hanya menyumbang medali perak dari nomor individual putra untuk kontingen Kabupaten Bekasi, penampilan Kevin versus Naraajie membuktikan bahwa sampai hari ini “gudang” pegolf putra ada di Pengprov PGI Jawa Barat. Hal ini dibuktikan dengan tampilnya (lagi-lagi Kevin dan Naraajie) ditambah Alfred Raja Sitohang – peraih  medali perak nomor mixed foursome yang berpasangan dengan Rayi Geulis Zullandari untuk kontingen Kabupaten Bekasi pada PORDA Jawa Barat XIII – yang  bersaing di final round Menpora-Emeralda Golf Cup III memperebutkan juara Best Gross Overall.

Namun, dengan penampilan yang sangat impressive sejak hari pertama hingga hari terakhir, Kevin Caesario Akbar akhirnya keluar sebagai juara Best Gross Overall Menpora-Emeralda Golf Cup III dengan total skor 203 pukulan (66-66-71) atau 13 under. Sedangkan juara Best Gross Overall putri direbut Viera Permata Rosada. Pegolf putri dari Pengprov PGI Banten ini pun bermain sangat konstan sejak ronde pertama (Kamis 25/10) hingga ronde terakhir (Sabtu 27/10). Total skor yang dibukukan Viera 214 pukulan (72-70-72) atau 2 under.

Menpora-Emeralda Golf Cup III 2018 dengan Tagline ROAD TO ASIA-PACIFIC diikuti oleh 144 pegolf dari seluruh Indonesia dan 2 pegolf dari Myanmar masing-masing Pyae Pyo Thu dan Hlaing Min Htet. Sebanyak 88 pegolf tereliminasi pada ronde pertama dan kedua, sedangkan 36 pegolf lainnya berhasil lolos cut off dan berhak untuk melanjutkan permainan di ronde ketiga (final).

Melihat keberhasilan PAGI (Perkumpulan Akademi Golf Indonesia) pimpinan Mudjo Suwarno, yang sejak tiga tahun berturut-turut menyelenggarakan event Menpora-Emeralda Golf Cup, DR.Raden Isnanta MPD – Deputi Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga yang berhalangan hadir) – memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya.

Dalam sambutannya Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora R.I. berharap dari kegiatan yang digerakkan oleh Perkumpulan Akademi Golf Indonesia (PAGI), yang sangat peduli terhadap perkembangan sekaligus  peningkatan prestasi utamanya di cabang olahraga golf, akan lahir pegolf amatir handal.

Lebih jauh DR. Raden Isnanta MPD mengatakan SDM yang handal memberi kesempatan kepada mereka untuk bisa tampil di Olimpade. Apalagi Bapak Presiden Jokowi saat mendapat kunjungan Ketua IOC beliau mengutarakan keinginannya Indonesia bisa menjadi tuan rumah Olimpiade.

“Tentu saja apa yang telah dilakukan oleh PAGI bisa diikuti oleh komunitas dari cabang olahraga lain. Karena kompetisi yang diselenggarakan secara berkesinambungan akan melahirkan atlet-atlet tangguh yang akan mewakili bangsa dan negara dalam event regional dan internasional,” tegasnya.

Sementara Ketua PAGI Mudjo Suwarno kepada independensi.com mengungkapkan tiga pegolf baik dari kelompok pegolf putra maupun pegolf putri yang berjaya dalam Menpora-Emeralda Golf Cup III 2018 akan mendapat dukungan finansial ketika mereka tampil dalam kejuaraan yang masuk ke dalam Calander of Event Asia Pacific Golf Association. (Toto Prawoto)