Tim Penyelam Diturunkan untuk Cari Kotak Hitam Pesawat Lion Air yang Jatuh di Karawang

JAKARTA (Independensi.com) – Proses evakuasi pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, masih terus dilakukan. Sejumlah instansi terkait akan menurunkan tim penyelam untuk mencari kotak hitam atau black box pesawat tujuan Jakarta – Pangkal Pinang tersebut.

“Kita akan menscan dulu posisi rakit-rakitnya, terus setelah itu kita turunkan penyelam dengan pinker finder, artinya untuk mencari posisi blackbox,” kata Ketua KNKT Soerjanto di kantor Basarnas, Jakarta Pusat, Senin (29/10/2018).

Kedalaman air di lokasi sekitar 30-40 meter. Soerjanto berharap blackbox segera ditemukan.

Mudah-mudahan begitu kita dapatkan posisi blackbox kita juga menemukan kerangka utama kapalnya itu. Kedalamannya adalah sekitar 30-40 meter,” ujarnya.

Kondisi laut yang dangkal juga menjadi tantangan tersendiri dalam pencarian. Sebab, suara kapal yang lewat akan mengganggu.

“Ini memang tantangan bagi kita. Kalau untuk pinker finder itu banyak noisenya kalau agak dangkal seperti ini. Jadi kalau ada suara kapal lewat segala macem itu terganggu. Itu ada tantangan sendiri lah untuk mencari.

“Tapi mungkin kita akan minta penyelam membawa turun alat itu sampai kedalaman 10 meter untuk mengurangi noise-noise yang terjadi di permukaan. Jadi mudah-mudahanan segera kita dapatkan,” ujarnya.