Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), Marsekal Madya Muhammad Syaugi

Kabasarnas : Tugas Utama Kami Evakuasi Korban

JAKARTA (IndependensI.com) – Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi menegaskan, l tugas utama tim pencarian dan pertolongan dalam pencarian pesawat Lion Air JT-610 adalah mengevakuasi korban. Hal itu disampaikannya di hadapan para keluarga korban di atas KRI Banjarmasin-592.

Meski demikiam jika pasukan penyelamat menemukan benda lain yang berhubungan dengan kecelakaan pesawat tersebut, tentu harus diambil juga.“Kalau menemukan yang lain yang berkaitan dengan kecelakaan, diambil juga,” katanya di KRI Banjarmasin-592 saat menuju lokasi jatuhnya pesawat, Selasa (6/11/2018).

Syaugi mengatakan, tim pencarian dan pertolongan gabungan belum menemukan badan pesawat dan dalam proses pencarian, kecuali serpihan dan potongan bagian-bagian tertentu.

Bila memang bagian badan pesawat yang lebih besar terlihat, pasti akan ditemukan di tim pencarian.

“Saat ini kami mencari terus. Pokoknya kalau ada yang terlihat, kami ambil,” jelasnya.

Komando Armada I TNI Angkatan Laut (AL) memfasilitasi keluarga korban Lion Air JT-610 melihat lokasi pesawat jatuh untuk berdoa dan menabur bunga. Komando Armada I mengerahkan dua kapal, yaitu KRI Banjarmasin-592 dan KRI Banda Aceh-593, yang berangkat dari Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok.