Suasana acara Sepeda Nusantara 2018 di Sragen, Jawa Tengah, Minggu (11/11/2018). (Kemenpora)

Gerakan Bersepeda Wajib Tiap Pekan

JAKARTA (IndependensI.com) – Salah satu program unggulan Kemenpora Sepeda Nusantara 2018 bertajuk Bangun Indonesia berlangsung di Sragen, Jawa Tengah, Minggu (11/11/2018). Program yang mengkampanyekan Ayo Olahraga itu diikuti sekitar 4000-an peserta yang berasal dari berbagai komunitas sepeda di sekitar Sragen dan Surakarta.

Jarak tempuh Sepeda Nusantara 2018 di Sragen sejauh 20 km, yang mengambil titik start mulai dari alun-alun menuju titik di jauh Kedawung dan finis di alun-alun lagi. Tatag Prabawanto, selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Sragen mengaku gembira lantaran salah satu program yang menjadi unggulan Kemenpora singgah di Sragen dalam dua tahun secara beruntun.

“Kami gembira karena untuk kali keduanya Sragen ditunjuk sebagai penyelenggara Sepeda Nusantara, dimana pada tahun 2017 lalu bernama Gowes Pesona Nusantara, bahkan dihadiri langsung oleh Menpora Imam Nahrawi sendiri,” katanya seperti dikutip dari rilis Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Minggu (11/11/2018).

Tatag menambahkan, gerakan rajin bersepeda dan bersepeda memang sudah digalakkan di Sragen setelah kota itu menjadi tuan rumah pada tahun lalu. “Kami di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sragen mewajibkan gerakan bersepeda setiap Jumat,” akunya. “Kemudian pengunjung di kawasan car free day setiap Minggunya juga semakin ramai bersepeda, karena olahraga bersepeda dapat menjadi alternatif energi, terutama di kota kecil seperti Sragen,” tambahnya.

Sementara itu, Kemenpora yang diwakili Kepala Biro Humas dan Hukum, Sanusi, menyatakan kepuasan terhadap animo masyarakat Sragen yang ikut serta dalam Sepeda Nusantara 2018. “Hari ini kita saksikan bersama semangat masyarakat Sragen yang besar terhadap penyelenggaraan Sepeda Nusantara. Kita bisa melakukan hal yang dapat menghasilkan semangat dan kebersamaan di dalam masyarakat, tidak hanya di Sragen namun di seluruh Indonesia,” ucap Sanusi.