Menpora Imam Nahrawi melepas peserta Sepeda Nusantara di Alun-alun Kebumen, Minggu (11/11/2018).  (Kemenpora)

Menpora Gelorakan Olahraga Sepeda

JAKARTA (IndependensI.com) – Ribuan orang berpartisipasi mengikuti kegiatan Sepeda Nusantara etape Kebumen, Minggu (11/11/2018) yang menempuh jarak sekitar 20 Km dengan dimulai dari Alun-alun Kebumen dan finish di Pantai Petanahan. Peserta dilepas langsung oleh Menpora RI Imam Nahrawi yang didampingi Wakil Bupati Kebumen Yazid Yazid Mahfudz dengan mengibarkan bendera start di Alun-alun Kebumen.

Rute yang ditempuh adalah Alun-alun Kebumen, Jalan Ronggowarsito Pejagoan, Jalan Kedaung, menuju Jalan Partigaan, Jalan Kedungsari mengarah ke jalan Daendels Dnendels, Jalan Lingkar Selatan. Kemudian peserta melalui Jalan Tanggulangin hingga finish di Pantai Petanahan. “Saya bersyukur bisa menghadiri Sepeda Nusantara di Kebumen ini. Saya berkeliling ke seluruh Kabupaten Indonesia untuk menggerakkan masyarakat agar sehat lewat Sepeda Nusantara sekaligus mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. Saya senang di Kebumen pesertanya banyak,” ujar Imam seperti dikutip dari rilis Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora.

Sepeda Nusantara ini menurut Menpora, merupakan kelanjutan dari kebiasaan Presiden yang turut serta mengimbau masyarakat untuk berolahraga. “Kemana-mana Presiden selalu memberikan sepeda pada siapa saja. Presiden menyampaikan kepada saya untuk mengatakan kepada masyarakat agar bersepeda. Siapa tahu masing-masing Kabupaten punya kebijakan hari bersepeda. Misalkan setiap Senin bersepeda di Kebumen. Jadi ke kantor atau keluar rumah bersepeda,” ucapnya. “Kedepannya jika ada anak-anak kita yang mau jadi atlet kita harus mendukungnya. Pemerintah terus memberikan penghargaan dan kehormatan pada seluruh pahlawan-pahlawan olahraga yang mampu berprestasi,” kata Menpora.

Disisi lain, Sepeda Nusantara pada pekan ini secara serempak digelar di tujuh titik. Selain di Kebumen, program dibawah Kedeputian Pembudayaan Olahraga itu juga berlangsung di Banyumas, Berau, Biereun, Lampung Timur, Lombok Barat dan Sragen. “Saya senang peserta kegiatan Sepeda Nusantara di berbagai titik begitu banyak dan antusias, bahkan tak hanya di daerah ini, namun di Banyumas, Berau, Biereun, Lampung Timur, Lombok Barat dan Sragen juga banyak diikuti masyarakat,” ucap Menteri asal Bangkalan, Madura tersebut. “Itu artinya kesadaran masyarakat untuk selalu sehat dengan berolahraga sudah tumbuh kuat, sehingga tujuan dari program Sepeda Nusantara ini tercapai, sesuai Instruksi Presiden (Inpres) No. 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas),” pungkasnya