Wisatawan mancanegara turut serta pada perhelatan Sepeda Nusantara di Pantai Senggigi, Lombok, Minggu (11/11/2018). (Kemenpora)

Sepeda Nusantara Tiba di Senggigi

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Event nasional bertajuk “Sepeda Nusantara” 2018 Bangun Indonesia sukses berlangsung di Senggigi, Lombok Barat, Minggu (11/11/2018). Tak kurang dari 4000 orang berpartisipasi dalam salah satu program unggulan Kemenpora di bawah payung “Ayo Olahraga” yang mengambil tema Lombok Bangkit.

Kegiatan bersepeda santai yang menyusuri pantai Senggigi itu dihadiri oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, S.Ag., Msi. Sekda Lobar H. Moh. Taufiq, Kapolda Nusa Tenggara Barat Irjen Pol Drs. Achmad Juri, M.Hum, Forkopinda Prov. NTB dan kabupaten Lombok Barat, serta Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) I Gusti Putu Raka Paraiana.

Sesuai dengan tema perhelatan, Bupati Fauzan Khalid mengatakan, pasca diterpa bencana alam seperti gempa bumi, Nusa Tenggara Barat, khususnya Lombok Barat kini sudah bangkit menyongsong masa depan yang lebih baik lagi, sehingga dirinya menyerukan jika Senggigi aman, wisatawan dapat kembali menikmati keeksotisan alamnya. “Melalui event Sepeda Nusantara ini kita menunjukkan kepada dunia luar, baik nusantara maupun internasional bahwa Lombok aman untuk kembali dikunjungi,” ucap Bupati Fauzan Khalid seperti dikutip dari rilis Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Minggu (11/11/2018).

Ucapan Bupati Lombok Barat itu bukan sekadar “isapan jempol” semata. Lantaran hal tersebut dibuktikan dengan antusiasme peserta yang tak hanya diikuti oleh warga sekitar namun juga terdapat sejumlah turis mancanegara mengikuti Sepeda Nusantara di Senggigi. “Sepeda Nusantara menunjukkan jika masyarakat kita meski baru ditimpa musibah gempa beberapa waktu lalu, kini sudah “move on” untuk melihat masa depan yang lebih baik dan cerah, bahkan tadi kita lihat sejumlah turis mancanegara juga ikut bergowes menyemarakkan event ini. Hal tersebut secara tidak langsung menjadi pesan kepada para turis baik asing maupun lokal bahwasanya Lombok sudah aman, kondusif dan silahkan datang kembali ke Senggigi,” pungkasnya.

Hal senada juga diungkapkan Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Achmad Juri, M.Hum yang mengatakan jika Lombok sudah bangkit. “Nusa Tenggara Barat, khususnya Lombok, sudah bangkit. Kita song-song terus, kita pelihara dan tingkatkan rasa keamanan dan kenyamanan ini,” ungkapnya. Sepeda Nusantara etape Lombok Bangkit ini melakukan start sekaligus finish di depan Hotel Montana dengan titik balik di Holiday Resort. Pelaku bisnis perhotelan sangat menyambut baik dihelatnya kegiatan ini di Senggigi pasca musibah gempa.

Kesemarakan Sepeda Nusantara etape Lombok Bangkit ini sangat diapresiasi oleh Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) I Gusti Putu Raka Paraiana. “Lombok luar biasa dalam menghelat Sepeda Nusantara ini. Itu terlihat dari keantusiasan masyarakatnya mengikuti program kami. Tak hany masyarakat lokal yang ikut serta, namun juga ada sejumlah turis mancanegara yang ambil bagian dalam event ini,” terang Raka. “Kesadaran masyarakat akan kesehatan dan kebugaran sangat luar biasa disaat mereka memiliki pekerjaan besar untuk membangun kembali Lombok pasca musibah gempa. Kita akan dukung terus pemulihan-pemulihan pariwisata khususnya di Lombok Barat dan Lombok secara umum,” pungkas Raka.

Sepeda Nusantara pada pekan ini secara serempak digelar di tujuh titik. Selain di Lombok Barat, program dibawah kepemimpinan Menpora Imam Nahrawi itu juga berlangsung di Biereun, Berau, Banyumas, Kebumen, Lampung Timur dan Sragen, di mana Menteri asal Bangkalan, Madura itu juga mengikuti kegiatan Sepeda Nusantara di Kebumen.