Ketua Umum (Ketum) PP Muhammadiyah, Haedar Nashir

Tak Takut Dijewer Amien Rais, Ketum PP Muhammadiyah Tegaskan Netral di Pilpres 2019

JAKARTA (IndependensI.com) – Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir, rupanya tidak takut dengan ancaman Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais, yang ingin Muhammadiyah menentukan sikap mendukung paslon dalam Pilpres 2019.

Menurut Haedar tak ada yang berubah dari Muhammadiyah dalam menyikapi politik praktis. Haedar menyebut jika Muhammadiyah masih pada khittahnya, netral dalam setiap pagelaran pemilu.

“Jawaban saya sama. Tidak ada yang berubah dari Muhammadiyah, dan tidak akan pernah berubah. Muhammadiyah berdiri di atas kepribadian dan khittahnya untuk tetap mengambil jarak dari pergumulan politik praktis,” urai Haedar seusai menghadiri pembukaan Muktamar Pemuda Muhammadiyah XVII di UMY, Senin (27/11/2018).

Haedar menjabarkan, hingga saat ini, tidak ada yang berubah dari Muhammadiyah sejak didirikan oleh Kiai Haji Ahmad Dahlan. Muhammadiyah masih sesuai khittah.

“Tidak ada yang baru dari Muhammadiyah. Jadi setiap periode sejak Kiai Dahlan sampai kapanpun bahwa Muhammadiyah berdiri di atas kepribadian dan khittahnya. Jadi itu sudah prinsip Muhammadiyah dan tidak ada yang berubah,” tegas Haedar.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Amien Rais yang merupakan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah mengancam bakal menjewer pimpinan Muhammadiyah yaitu Haedar Nashir jika membebaskan kader Muhammadiyah dalam menentukan pilihan di Pilpres 2019.