Selesai Pimpin Upacara Harbak PU ke 73, Menteri Basuki dan Pejabat PUPR Ziarah ke TMP Cikutra

BANDUNG (Independensi.com) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, usai memimpin upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Bakti PU ke-73 (3/12). Setiap tanggal 3 Desember para pejabat Kementerian PUPR  melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) menghormati jasa para pendahulu.

Adapun, para pejabat yang turut dalam ziarah di TMP Cikutra adalah Sekjend PUPR Anita Firmanti, Dirjen Bina Kontruksi dan  Pejabat Dirjen Penyediaan Perumahan Syarief Burhanuddin, Dirjen Bina Marga Sugiyartono, Dirjen Cipta Karya Danies Sumadilaga, Dirjen SDA Hari Suprayogi, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra  S. Atmawidjaja, serta seluruh pejabat eselon 2 dan eselon 3 Kementerian PUPR.

Ziarah diawali dengan upacara penghormatan dan doa yang ditujukan untuk para arwah mantan pejabat PU yang telah tiada dilanjutkan denga  tabur bunga.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono kepada awak media mengatakan, Sekarang kita di taman makam pahlawan nasional Cikutra, Bandung. Kalau evaluasi capaian kinerja PUPR saya kira sudah banyak dilakukan. Sekarang saya lebih pentingkan untuk regenerasi jiwa militansinya sapta taruna kepada anak muda PUPR. karena kalau soal kinerja sudah sering dan saya tidak khawatir ke depannya dalam melaksanakan tugas-tugas  ke PUPR-an.  “Tapi justru saya mementingkan, militansi. Kenapa saya bawa ke sini pada hari bakti PUPR karena sejak 2016 kami menerima banyak sekali pegawai setiap tahun 1000 orang,”tegas Basuki.

“Kementerian PUPR baru kirim 500 pegawai ke lombok. Tukin terlambat saja udah pada ribut. Dikirim ke lombok udah mikir apa aja yang harus dibawa. Padahal berangkat dulu. Militansi itu yang saya tanamkan ke anak muda PUPR. Meskipun masa, tuntutan, dan tantangannya berbeda antara 1945 dan 2018 ini . Tapi patriotisme harus tetap dijiwai. Itu yang utamanya ditanamkan di taman makam pahlawan nasional Cikutra,”imbuh Basuki

“Kegiatan dimaksudkan untuk mengenang jasa-jasa mereka  yang telah mengorbankan jiwa dan raga untuk mempertahankan Gedung Sate, semangat militansi perlu diteladani oleh segenap jajaran kementerian PUPR, terutama generasi mudanya’’  pungkas menteri Basuki

Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) ke-73, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menggelar beberapa rangkaian acara di Lingkungan gedung Sate Bandung, diantaranya pameran Foto selama 3 hari dimulai hari ini Minggu tanggal 2 Desember 2018 sampai dengan 4 Desember.

Peringatan hari Bakti PU yang ke 73 tahun ini bertema “Bakti PUPR Bangun Infrastruktur Mempersatukan Bangsa” Pameran Hari Bakti PU dibuka langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono, hari Minggu sore (2/12), yang menampilkan foto hasil pembangunan Infrastruktur selama tahun 2014-2018.

3 comments

Comments are closed.