Dirjen Perhubungan Udara, Polana B Pramesti

Extra Flight Nataru Sudah 101 Slot

JAKARTA (Indpendensi.com) – Hingga saat ini maskapai yang sudah mengajukan penambahan slot untuk penerbangan tambahan (extra flight) yaitu 101 penerbangan domestik ke beberapa destinasi dan penambahan slot sudah sekitar 16.000 seat.
Kemenhub sudah melakukan verifikasi penerbangan pada maskapai dan melakukan inspeksi-inspeksi ke berbagai bandara demi melayani penumpang pada saat Natal dan Tahun Baru.

Pada Nataru kali ini, penambahan frekuensi penerbangan mencapai 367. Sebanyak 335 frekuensi penambahan penerbangan dilakukan untuk rute domestik dan 32 frekuensi penerbangan diberikan untuk penerbangan internasional.

Diprediksi jumlah penumpang tahun ini naik 8,76 persen dibandingkan dengan realisasi penerbangan pada masa libur natal dan tahun baru 2017/2018 kemarin (6.010.529 penumpang). Penumpang tahun ini kurang lebih mencapai 6.537.119 penumpang, terdiri dari 5.682.791 penumpang angkutan dalam negeri dan 854.328 penumpang luar negeri.

Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti menjelaskan, extra flight akan disiapkan terutama untuk rute-rute padat. Prediksi Polana akan terjadi lonjakan untuk penerbangan daerah timur dan daerah parwisata.

Namun Polana mengingatkan kembali agar maskapai jangan sampai memberikan tarif melebihi batas atas.

Selain meminta maskapai menambah slot penerbangannya, Polana juga menginstruksikan pengelola Bandara memperpanjang jam operasional. Menurutnya , semua itu semata-mata agar penerbangan berjalan dengan lancer. (Jo)