Jokowi Kunjungi Korban Tsunami Selat Sunda di Lampung

JAKARTA (IndependensI.com) – Hari ini, Rabu (2/1/2019) Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi yang terkena dampak tsunami Selat Sunda di Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Lampung. Kepala negara mengatakan rumah warga korban tsunami akan dibangun di daerah relokasi.

Informasi yang disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, menyebutkan telah memerintahkan jajarannya melakukan penanganan pasca-bencana tsunami dengan baik.

“Saya sudah sampaikan ke Bupati Lampung Selatan, Gubernur (Lampung), Menteri PU, dan ke BNPB agar segera dilakukan penanganan, terutama setelah evakuasi selesai,” ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi menjelaskan bahwa warga yang terkena dampak tsunami meminta agar rumahnya segera dibangun. Jokowi menegaskan rumah warga akan dibangun di wilayah relokasi.

“Kita akan masuk ke situ, ke tahap rekonstruksi dan pembangunan. Tidak ada hunian sementara. Jadi langsung akan dibangun rumah, tapi di kira-kira 400 meter dari sini. Ada tanah 2 hektare, direlokasi karena memang lokasinya di sini memang sangat rawan tsunami,” tuturnya.

Selain ke Kecamatan Rajabasa, Jokowi hari ini dijadwalkan mengunjungi wilayah Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Jokowi juga akan meninjau pasien terdampak tsunami. Setelah meninjau, Jokowi bertolak ke Jakarta.

“Selanjutnya, Presiden akan meninjau para pasien terdampak tsunami Selat Sunda yang sedang dirawat di rumah sakit yang berada di Kabupaten Lampung Selatan,” kata Bey sebelumnya.