TINJAU VENUE - Direktur Operasi PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Wahyu A. Harun (kiri) tengah berbincang dengan pembalap paracycling Muhammad Fadly (kedua dari kiri) beserta Manager Tim Nasional Balap Sepeda Indonesia, Budi Saputra saat meninjau kesiapan venue Jakarta International Velodrome (JIV) untuk menggelar Asian Track Championships (ATC) 2019, Senin (7/1/2019). Jakpro bekerja sama dengan PB ISSI menyelenggarakan ATC 2019 yang diikuti oleh total 297 pembalap sepeda dan paracycling dari 16 negara Asia. (Istimewa)

ISSI dan Jakpro Helat ATC 2019

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Gelaran balap sepeda bertajuk Asian Track Championships (ATC) 2019 digelar pada 8-13 Januari 2018 di Jakarta International Velodrome (JIV), Rawamangun, Jakarta. Sedikitnya 297 pembalap putra-putri termasuk pembalap paracycling dari 16 negara peserta bertanding. Ajang ini dihelat untuk kali pertama oleh PB ISSI bekerjasama dengan PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Terakhir kali ajang serupa digelar 10 tahun lalu pada perhelatan bertajuk Kejuaraan Balap Sepeda Track di Velodrome Tarakan, Kalimantan Timur.

“Ini adalah perhelatan pertama PB ISSI di Jakarta International Velodrome setelah Asian Games dan Asian Para Games 2018 lalu. Para peserta akan mendapatkan poin UCI dan diharapkan bisa memunculkan pembalap-pembalap tangguh asal Indonesia. Lawan yang dianggap cukup berat antara lain Jepang, China dan Korea Selatan,” kata Ketua Panpel ATC 2019, Paramana Nugraha usai jumpa pers, Senin (7/1/2019). Paramana menambahkan, ajang internasional ini menjadi bagian pengumpulan poin untuk Olimpiade Tokyo 2020.

Perhelatan ini pun masuk dalam rangkaian acara Para Asian Track Championships ke-8 dan Junior Track Championships ke-26. Sedianya pembalap paracycling Mohammad Fadli yang pernah meraih medali emas Asian Para Games 2018 lalu, ikut bermain. Fadli bertanding di nomor Individual Pursuit 4.000m dan Sprint Team 750m. Turut bertanding juara dunia 2017 dari Malaysia nomor Keirin, Mohd. Azizulhasmi Awang.

Sementara itu Direktur Operasi Jakpro, Wahyu A. Harun mengatakan, pihaknya boleh berbangga bisa berperan aktif di ATC 2019 mengingat perhelatan bertaraf internasional ini untuk kali pertama dimainkan di JIV yang dikelola Jakpro. “Kami bangga bisa berpartisipasi di ATC 2019 di Jakarta International Velodrome ini yang sempat jadi lokasi tanding Asian Games dan Asian Para Games lalu. Technical standart JIV setara dengan empat velodrome terbaik dunia dan memiliki sertifikat standar dari organisasi balap sepeda dunia, UCI,” kata Wahyu. Dia menambahkan, JIV dibangun dengan akses penuh untuk kaum difabel, termasuk ruang ganti, toilet dan fasilitas lainnya. Wahyu berharap, kerjasama dengan PB ISSI terus berlanjut dan dapat menggelar lebih banyak lagi kegiatan sepeda Internasional di JIV.

Dalam kesempatan yang sama, Fadli mengaku persiapan mengikuti ATC 2019 sudah maksimal. Kendati waktu persiapan hanya dua bulan, dirinya optimistis berlaga dengan optimal. “Persiapannya memang lebih berat dari APG 2018 lalu. Disini hanya dua bulan saja, tetapi ada peningkatan speed dan power yang cukup signifikan. Hanya saja kami tidak lakukan simulasi, karena dikuatirkan power akan habis saat bertanding nanti,” kata Fadli. Mantan pembalap sepeda motor nasional ini juga mengatakan, tampil di ATC 2019 untuk mendapatkan poin UCI untuk slot di Paralympic Tokyo 2020. “Saya baru dapat poin di APG lalu. Di ATC ini saya fokus untuk poin UCI,” imbuhnya.