Elektabilitas Turun Dua Persen di Jateng, TKN Siapkan Opsi Perkuat Basis Pemenangan

JAKARTA (IndependensI.com) – Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf, Hasto Kristiyanto menyatakan tim kampanye di Jawa Tengah akan memperkuat kemenangan pasangan capres dan cawapres nomor urut 01. Pihaknya tengah menyiapkan berbagai opsi-opsi untuk memperkuat basis pemenangan.

“Itu memberikan semangat, ketika indikasi turun 2 persen dari 67 menjadi 65, maka semua harus bergerak bersama-sama,” kata Hasto di Gedung Joang, Minggu (3/2/2019).

Kendati begitu, Politisi PDI Perjuangan itu mengaku adanya dukungan yang solid untuk dukungan Jokowi-Maruf di Jateng. Karena hal itu, kata Hasto survei yang menyatakan adanya penurunan elektabilitas menjadi sebuah motivasi.

Sebab saat ini, kata dia pihaknya juga tengah berhadapan berbagai berita tidak benar atau hoaks mengenai Jokowi-Maruf “Apa yang disampaikan Pak Jokowi dalam rangka membangun semangat militansi karena bagaimanapun juga kita berhadapan dengan hoaks,” jelasnya.

Sebelumnya, calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo mengakui elektabilitasnya di Jawa Tengah sempat turun hingga dua persen. Itu terjadi beberapa pekan lalu.

“Empat minggu lalu, Jateng turun dua persen elektabilitasnya,” kata Joko Widodo (Jokowi) saat berpidato dalam acara Temu Silaturahmi Paguyuban Pengusaha Jawa Tengah di MG Setos, Semarang, Sabtu (2/2/2019).

Merespon kondisi itu, Jokowi kemudian mengundang Tim Kampanye Daerah Jawa Tengah ke Jakarta untuk membahas strategi lanjutan. Konsolidasi tersebut akhirnya membuahkan hasil. Jokowi mengklaim elektabilitasnya kembali naik. “Tetapi setelah saya undang tim kita ke Jakarta sekarang sudah naik lagi,” katanya.