Anggaran Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika di NTB Mencapai Rp 3,6 Triliun

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Indonesia dipersiapkan akan menjadi salah satu tuan rumah MotoGP yang dilaksanakan di sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021 mendatang. Persiapan menjadi tuan rumah salah satunya dengan membangun sirkuit Mandalika. Rencanannya, pembangunan tersebut akan menelan biaya hingga Rp 3,6 triliun.

Menurut Direktur Konstruksi dan Operasi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Ngurah Wirawan dana pembangunan akan diperoleh dari pinjaman Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) secara bertahap.

Lantas, untuk tahap pertama di tahun ini, pinjaman akan cair sebanyak Rp 1,6 miliar. Pencairan dana akan berlangsung hingga tahun 2023. “(Total dana pembangunan) Rp 3,6 triliun, multi years sampai 2023. (Pencairan tahun ini) tahun ini dua paket senilai Rp 900 miliar dan Rp 700 miliar,” katanya, Kamis (21/2/2019).

Adapun, pembangunan jalanan sirkuit akan dilakukan pada Oktober mendatang dan ditargetkan selesai pada akhir 2020. Dalam proses pembangunan, ada tahap peningkatan standar hingga uji layak. “Rencana bangun badan jalan bukan Oktober 2019. Diharapkan selesai Juni 2020. Lanjut dengan pelapisan dan uji layak operasi sampai akhir 2020,” ungkapnya.

Sementara itu, ia berharap dengan adanya pembangunan tersebut akan turut serta membangun ekonomi daerah. Sebab, ia memperkirakan akan ada investor yang turut serta membangun hotel di Mandalika.

“Kami berharap dengan konstruksi yang agresif, maka investor-investor hotel juga ikut terpacu untuk selesaikan hotel mereka sehingga bisa host tamu pada 2021,” imbuhnya.