Jokowi Sudah Menyiapkan Program Nawacita Jilid Dua

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, akan segera ada program strategis 2019-2024 dari pasangan Jokow Widodo – Ma’ruf Amin yang ia sebut sebagai Nawacita jilid II Capres 01 Joko Widodo.

Airlangga yang juga Menteri Perindustrian ini mengatakan, jika Jokowi kembali terpilih sebagai presiden pada Pilpres 2019, maka program-program yang bakal dijalankan sudah jelas.

“Saya yakin kalau ‘kompetitor’ bisa jadi tidak siap yang seperti ini. Ini program tahun 2020-2024,” ujar Airlangga kepada wartawan, Jumat (1/3/2019).

Airlangga menyampaikan, target pertumbuhan ekonomi pemerintah pada periode 2020-2024 berada pada kisaran 5,4 persen hingga 6 persen.

“Policy empat tahun ke depan, Nawacita jilid II, sudah disiapkan oleh Pak Presiden,” imbuh Airlangga.

Airlangga menyebutkan focus kebijakan yang digalakkan pemerintah, yakni bakal menyasar tiga target yakni meningkatkan produktivitas, meningkatkan daya saing ekspor manufaktur, dan menguatkan industri hulu strategis.

Fokus kebijakan ini, kata dia, akan didukung oleh 6 langkah strategis. Pertama, kata dia, penguatan iklim investasi, keterbukaan perdagangan dan keterlibatan di dalam jaringan produksi global.

Kemudian, lanjut dia, penguatan kemampuan riset dan pengembangan inovasi, serta akselerasi adopsi teknologi.

Ketiga, lanjutnya, peningkatan diplomasi ekonomi dan utilisasi perjanjian perdagangan bebas. Keempat, pengoptimalan sumber potensi pertumbuhan ekonomi.

Kemudian, kata Airlangga, langkah kelima, penguatan pilar pendukung pertumbuhan sektor manufaktur. Terakhir, ujar dia, langkah keenam berupa penciptaan kebijakan makroekonomi yang kondusif untuk mendukung pengembangan industri manufaktur.