Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat mengunjungi BBPLK Cevest terkait penyediaan pelatihan bagi pengangguran.(humas)

Atasi Pengangguran Pemkot Bekasi Bangun BBPLK

BEKASI (IndependensI.com)-  Pengangguran di Kota Bekasi, saat ini diperkirakan 150.000 orang. Terhadap pengangguran tersebut,
Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, akan melakukan pelatihan. Terkait hal itu, pemerintah daerah setempat akan membangun Balai Besar Pelatihan Kerja (BBPLK).

Penegasan itu diungkapkan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat melakukan kunjungan kerja di BBPLK Cevest milik Kementerian Ketenagakerjaan di Kota Bekasi, Senin (18/3/2019).

Dengan adanya BBPLK itu, Pemkot Bekasi
akan memprioritaskan 150.000 pengangguran yang khususnya ber KTP Kota Bekasi dalam lima tahun kedepan, dengan pelatihan untuk memiliki ketrampilan. Penempatan mereka yang sudah pelatihan pun akan dikerjasamakan dengan pihak pengusaha atau perusahaan, ujarnya.

Saat itu, Rahmat dididampingi  Helmiaty Basri Kepala BBPLK Bekasi, Kepala Bappeda Kota Bekasi Dinar F  Badar, dan sejumlah pejabat terkait lainnya. Pendirian BBPLK adalah salah satu bentuk komitmen pihaknya, katanya.

Saat itu juga,  Rahmat memerintahkan Kepala Bappeda Kota Bekasi untuk segera merancang dan segera membangun gedung dua tingkat untuk pendidikan dan pelatihan, termasuk untuk diklat para aparatur sipil negara (ASN) Kota Bekasi yang nantinya dikerjasamakan dengan pihak BBPLK Cevest Bekasi. Lokasi BBPLK direncanakan di daerah Kecamatan Mustika Jaya atau Bantargebang Kota Bekasi. (jonder sihotang)